spot_img

Toba Fashion Week

Road Show Face of Toba di Humbang Hasundutan Sukses

HUMBAHAS – Road Show perdana Face Of Toba episode 2 yang merupakan rangkaian kegiatan dari Toba Fashion Week telah sukses dilaksanakan selama dua hari, 18-19 Juni 2022, di Huta Marbun Toruan, di Istana Sisingamangaraja, dan di Sibarabara Humbang Hasundutan.

Hal ini disampaikan oleh Panitia dan juga selaku inisiator Toba Fashion Week, Trisna Pardede kepada ninna. “Episode pertama sudah dilaksanakan minggu lalu secara online,” ujar Trisna

Toba Fashion Week akan dilaksanakan lagi 26-28 agustus 2022, sesuai dengan calender of event Kemenparekraf.

Buat bro dan sista ninnA, Toba Fashion Week ini bukan hanya menggambarkan Kabupaten Toba saja, melainkan lebih dimaknai dengan Danau Toba. Maka keterlibatan 8 Kabupaten Sekawasan Danau Toba sangat diharapkan.

Kepada ninnA, Trisna menjelaskan Toba Fashion Week menjadi salah satu kiblat busananya etnik Nusantara. Tuan rumahnya adalah produk-produk tenun dan tas dari tanah Batak. Selain mempromosikan produk UMKM, kegiatan ini menggunakan lokasi-lokasi dengan potensi wisata yang belum terekspose.

“Kita pingin Toba Fashion Week ke depan menjadi suatu kegiatan besar di Nusantara. Kita mulai dengan hal-hal kecil dulu sekarang,” kata Trisna

Menurut Trisna Pardede, karena akan dilaksanakan tahunan, maka membutuhkan satu duta dari Toba Fashion Week. Duta inilah yang akan menjadi kebanggaan sebagai Brand ambassador berkeliling, bercerita tentang kawasan Danau Toba, khususnya produk-produk unggulan dari Kawasan Danau Toba.

“Namanya kita buat adalah Face Of Toba,” tambahnya

Di sisi lain, Face Of Toba itu tujuannya adalah berkeliling Kabupaten Sekawasan Danau Toba, memberitahukan akan ada Toba Fashion Week pada bulan Agustus mendatang.

Selain dari 8 Kabupaten Sekawasan Danau Toba, para peserta yang mengikuti seleksi juga berasal dari kota lain termasuk dari Jakarta. Ada sekitar 130 orang peserta yang mendaftar, dan yang lolos seleksi ada 20 orang peserta.

TERKAIT  Finalis Indonesia Idol Menghentak Pantai Bebas Parapat

Trisna Pardede berharap agar pemerintah kabupaten yang akan dikunjungi dalam Road Show Face Of Toba dapat lebih memahami dan menyambut dengan baik.

Face Of Toba road show perdana episode kedua ini dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan dikarenakan Pemerintah Humbang Hasundutan yang paling antusias dan menyambut baik.

“Ibu Bupati ingin menampilkan Batik Humbang dan kain Shibori,” jelas trisna

Trisna Pardede menyebutkan kendala terbesar yang mereka hadapi dalam menjalankan kegiatan ini adalah dari sisi pendanaan. Dijelaskannya, dukungan yang mereka dapatkan hingga saat ini masih berupa barang produk, penginapan, transportasi, dan juga konsumsi, seperti yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kegiatan ini diinisiasi oleh komunitas maka pendanaannya mandiri, dan panitianya merupakan gabungan dari pelaku-pelaku ekonomi kreatif lintas Kabupaten yang masing-masing punya produk atau jasa.

“Belum ada pendanaan secara tunai,” tambah Trisna

Masih menurut Trisna, sampai saat ini sudah ada beberapa Kabupaten yang merespon kegiatan ini: Kabupaten Toba, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Samosir.

“Belum pernah audensi memang, jadi masih kayak via zoom. Mereka bilang, kami siap mendukung,” tutupnya

Sekedar informasi buat bro dan sista ninnA, para peserta tergabung dalam Face of Toba ini masih sangat muda, ganteng, dan cantik loh. Tunggu kedatangan mereka di Kabupaten Sekawasan Danau Toba.

 

Penulis   : Edward Limbong
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU