spot_img

River Side Juma Bulu, Wisata Sungai di Tepi Danau Toba

TOBA – Barangkali bro dan sista butuh tempat berwisata sembari mencari inspirasi? Jika iya, River Side Juma Bulu Sijambur adalah jawabannya. Wisata sungai di tempat ini didukung dengan keindahan alam sekitarnya.

Objek wisata yang terbilang masih baru ini menawarkan ketenangan dan suasana damai. Hamparan persawahan yang berada di lembah terlihat begitu indah, apalagi saat musim tanam usai hingga panen tiba. Melihat anak-anak yang bermain di pematang sawah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Menuju lokasi sudah ada jalan rabat beton yang membelah persawahan beserta satu unit gazebo dengan ukuran yang cukup lumayan. Di pinggir persawahan, alur sungai yang cukup luas namun dangkal dengan airnya yang sangat jernih seolah mengajak siapa saja untuk menghampirinya.

Anak-anak sekitar desa juga terlihat cukup aman dan nyaman mandi sambil berenang di tepi sungai. Antara sungai dan persawahan telah dibuat berupa jalan wisata yang dilengkapi dengan dinding penahan tanah yang sengaja dibuat berbentuk anak tangga.

Pengunjung bisa duduk santai di salah satu anak tangga sembari merendam kaki ke air sungai yang mengalir perlahan. Di seberang sungai merupakan kawasan berbukit yang juga menjadi areal perladangan penduduk sekitar.

River Side Wisata Sungai 1
Lahan persawahan di lembah menambah keindahan sekitar River SIde Juma Bulu.(foto:asmon)

River Side Juma Bulu Sijambur ini memang sedang giat-giatnya dibangun oleh Tamba Tua Sirait kepala desa tempat lokasi wisata ini berada. Ke depannya lokasi wisata ini akan dikelola secara profesional oleh Bumdes dengan Pokdarwis sebagai mitra strategisnya.

TERKAIT  Misteri Djangga Forest di Kaki Gunung Simanukmanuk

“Untuk saat ini belum dikenakan tiket masuk, hanya biaya parkir kenderaan roda dua sebesar Rp2.000,” ujar Tamba Tua kepada ninna, kemarin.

Di gazebo beserta halamanya yang cukup luas serta dikelilingi oleh persawahan dan sungai, dimanfaatkan untuk ajang promosi lokasi wisata tersebut. Perayaan valentine day hingga turnamen bola volley pun telah sukses digelar di sana.

Mengitari jalan wisata sepanjang sungai, bro dan sista bebas melenggang bahkan sambil berkhayal, sebab tidak ada kenderaan yang melintas di sini. Keheningan alam hanya diwarnai oleh gemericik air serta kicauan burung yang kadang terbang rendah melintas.

Puas mencari inspirasi, bro dan sista bisa melanjutkan bertualang mengikuti alur sungai hingga tiba di muara sungai yang merupakan sebuah danau.

Penasarankan? River Side Juma Bulu Sijambur ini memang sangat dekat dari Danau Toba. River Side Juma Bulu beralamat di Dusun I Sijambur, Desa Pardomuan Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba. Dari Kota Parapat hanya beberapa menit untuk tiba di lokasi.

 

Penulis  : Asmon Pardede
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU