spot_img

Tipang Mas dan Batu Gajah

Restoran Terapung, dengan Menu Khas Pemanja Lidah

HUMBAHAS – Selain indah, bersejarah, dan kreatif masih ada satu hal lagi yang melengkapi predikat Desa Tipang, membuatnya sangat pantas menyandang desa wisata. Ternyata di desa ini ada dua restoran terapung, dan konon menjadi pelopor restoran terapung di kawasan Danau Toba. Kedua restoran ini dikenal dengan Tipang Mas dan Batu Gajah di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara.

Kedua restoran terapung ini memiliki menu andalan masing-masing yang menjadikannya berbeda. Menu andalan restoran Tipang Mas adalah ayam sambal merah pedas dan ayam guling, sedangkan menu andalan restoran Batu Gajah adalah Jahir Panggang dengan bumbu andaliman yang khas.

Sejak didirikan belasan tahun yang lalu, restoran Tipang Mas sudah mengenalkan Tipang sebagai objek wisata. Sepertinya mereka sudah melihat jauh ke depan potensi Desa Tipang, sebelum desa ini ditetapkan sebagai Desa Wisata seperti sekarang.

Kedua restoran ini merupakan pelopor restoran terapung di Kawasan Danau Toba, yang sudah berdiri belasan tahun. Belakangan, disusul restoran-restoran terapung lain di Lembah Bakara.

Citarasa yang khas, harga yang bersahabat ditambah dengan jus buah yang segar, semakin memanjakan lidah dan membuat para penikmatnya ketagihan untuk datang kembali.

Untuk rasa urusan rasa ikan, kedua restoran ini sangat diuntungkan dengan jenis ikan dari perairan Selatan Danau Toba.

Ikan dari sini, terkenal memiliki tekstur daging yang lebih kenyal dan rasanya manis gurih. Dan untuk menu ayam, selalu menyediakan ayam kampung yang selalu diincar wisatawan.

TERKAIT  Mengusir Dingin Malam di Doloksanggul dengan Segelas Bandrek

Pemilik restoran Tipang Mas, bermarga marga Situmorang dan Batu Gajah milik marga Purba, jauh sebelumnya sudah membaca peluang emas ini. Mereka sadar, keindahan destinasi wisata harus dilengkapi dengan kuliner khas yang menjadi salah tujuan berwisata.

Restoran Tipang Mas dan Batu Gajah dapat ditempuh sekitar 1 jam 45 menit dari Bandara Silangit atau hanya 1 jam dari Doloksanggul.

Saatnya bro dan sista ninnA memasukkan dua restoran ini  dalam daftar perjalanan ke Desa Wisata Tipang. Manjakan lidah dengan ikan jahir bakar sambal andaliman atau ayam guling sambil menikmati indahnya alam Danau Toba.

 

Penulis    : Gomgom Lumbantoruan
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU