spot_img

Restoran ORANGTA Ramaikan Kuliner di Samosir

SAMOSIR – Industri pariwisata Samosir terus menggeliat dengan berbagai keunikan dan daya tarik alam, budaya hingga kulinernya. Dari sektor kuliner, kini diramaikan dengan Restoran ORANGTA. Yok, kita lihat apa keunikannya.

Bagi para pemburu dan penikmat kuliner nusantara, khususnya kuliner khas Batak, sebuah restoran baru kini telah hadir di Samosir. Namanya Restoran ORANGTA. Terletak di jalan raya besar Simanindo, hanya berjarak sekitar 700 meter dari Dermaga Pelabuhan Feri Simanindo, atau 500 M dari Batuhoda Beach. Keunikan restoran ini, menyajikan menu yang merupakan perpaduan Kuliner Batak Karo dan Batak Toba.

Restoran yang baru beroperasi tanggal 15 Juli 2022 lalu, mengusung konsep Hot and Natural. Semua kuliner disajikan dalam keadaan panas dengan bumbu-bumbu khas Batak yang hangat dan menggetarkan lidah.

Konsep Natural sangat terasa saat duduk dengan ruangan yang lapang, dekorasi interior dan mobiler yang bernuansa kayu, serta rumah panggung dinding terbuka yang memungkinkan setiap tamu dapat bersantap sembari menikmati indahnya pemandangan alam sekitar, perladangan penduduk berlatar view Danau Toba dan Pulau Tao.

Restoran ORANGTA
Berkonsep ruangan terbuka, menjadikan saat bersantap di sini masih tetap bisa menikmati keindahan alam Pulau Samosir dan Danau Toba.(foto:ninna)

Mengenai menu favoritnya yang tersedia, pengusaha Restoran ORANGTA Ombang Siboro,  kepada jurnalis menjelaskan, menu favorit yang disajikan yakni Babi Panggang Karo (BPK) yang proses pemanggangannya diolah dengan cara benar-benar tradisional Karo. Bumbu diracik dengan bumbu rempah asli Karo, dengan Cheff asli putra Karo.

Satu lagi menu andalan restoran ini adalah Tombur Toba. Salah satu ciri khas kuliner khas Toba yang sudah sangat langka, bahkan di kawasan danau Toba. Tombur yang tersedia di sini, yaitu Lele Tombur.

TERKAIT  Pekan Inovasi dan Investasi Sumut ke 8 di Parapat

Ikan lele yang panggang, kemudian dilumuri sambal meleleh rempah Toba asli, seperti kemiri bakar, andaliman, lada hitam dan rias. Penyajiannya dijamin dalam keadaan masih terasa panas sehingga aromanya yang kuat menggoda rasa lapar. Jangan tanya soal rasa, pasti menggetarkan lidah.

“Dengan persiapan yang matang, tata saji yang baik, serta pelayanan yang terus-nenerus akan diupgrade, restoran ORANGTA akan menjadi pilihan alternatif bagi wisatawan Samosir, khususnya penikmat kuliner khas Karo dan Toba,” demikian Ombang menuturkan.

Selain penyajian makanannya yang tampil beda dengan rasa yang berbeda, ORANGTA juga menyediakan delivery food, yakni pemesanan makanan yang bisa diantar ke alamat yang memesan. Akan tetapi, ada batas waktu tertentu, yakni mulai pukul 17.30 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB

Dengan menu unggulan berupa Panggang Karo dan Tombur Toba serta anek juice dan minuman lainnya, Ombang optimis kehadiran Restoran ORANGTA di Kabupaten Samosir akan memperkaya pilihan uliner khas Batak bagi wisatawan maupun bagi masyarakat di Kabupaten Samosir.

Penasaran? Nah, saat tiba di Samosir, uji sensitifitas lidahmu saat bersantap di Restoran ORANGTA.

 

Penulis   : Jogi S
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU