spot_img

Replika Ka’bah Wisata Religi Umat Islam di TWI Dairi

DAIRITaman Wisata Iman (TWI) di Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara terkenal sebagai replika toleransi umat beragama. Salah satunya  ada replika Ka’bah dan tempat ibadah seperti di Mekkah, Arab Saudi. Spot wisata religi bagi umat Islam ini berada di samping masjid TWI, tidak jauh dari gerbang dua pintu masuk TWI.

Selain Ka’bah, ada replika tempat melakukan ibadah haji, antara lain Mas’a (tempat Sa’i), Jamarat (tempat melempar jumrah), dan terowongan Mina.

TWI DAIRI 3
Replika Terowongan Jamarat.(foto:fajar)

Bagi umat muslim di Dairi yang akan menjalankan rukun Islam yang ke-5, yakni melaksanakan ibadah haji, tempat ini biasa digunakan untuk kegiatan berlatih manasik haji sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah.

Replika tempat melakukan ibadah haji ini merupakan penelusuran bukti sejarah atau napak tilas perjalanan hidup keluarga Nabi Ibrahim AS yang memiliki kesabaran dan ketangguhan diri dalam menjalankan perintah Allah.

TERKAIT  Mengintip Luna Maya Manortor
TWI DAIRI 2
Replika terowongan Mina(foto:fajar)

Dari tempat wisata yang pernah dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ini, pengunjung juga dapat melihat  keindahan alam dan pemandangan Kota Sumbul, salah satu kecamatan di Kabupaten Dairi.

“Jika berada di sini pengunjung merasa seperti sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah,” kata Alvi warga Medan yang sedang berkunjung ke TWI Dairi kepada ninnA, Minggu (10/4/2022).

Menurutnya, TWI tak hanya indah pemandangannya tapi hawan segar dingin. “Ini yang membuat kita betah dan ingin berlama-lama di sini,” ucapnya.

 

Penulis  : Fajar
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU