spot_img

Rasanya Melegenda, Ini Resep Sederhana Mie Gomak

HUMBAHAS – Masyarakat Sumatera Utara sudah pasti kenal dengan kuliner khas yang satu ini, Mie Gomak. Mie dengan nama yang dipopulerkan orang Batak ini, punya rasa yang begitu dekat dengan lidah warga yang tinggal di kawasan Danau Toba.

Bagi orang Batak, mie ini ibarat kelepon bagi lidah orang jawa atau tempoyak bagi orang Kalimantan. Di kawasan Danau Toba, mie ini seakan telah terkait dengan ikatan emosional warga sekitar. Mie ini sudah sejak lama menjadi teman sejak 1000 hari masa kehidupan, masa kecil, remaja hingga dewasa.

Nikmat disantap di pagi hari, siang hari bahkan menjelang tidur. Mie Gomak juga terkadang menjadi teman di saat suasana hati sedih maupun gembira. Makanan ini kerap menjadi menu utama arisan ibu-ibu, bisa ditemukan di pinggir jalan hingga restoran. Terkadang, saat breakfast hotel berbintang, mie ini juga ikut meramaikan.

Penyebutan Mie Gomak sebenarnya macam-macam, kadang disebut Mie Hudon karena dimasak di hudon (periuk), kadang disebut Mie Gomak karena penjualnya menyajikan dengan cara menggomak (memindahkan dengan jari) tanpa sarung tangan, dari hudon ke piring atau cawan. Bagi yang tak biasa, mungkin kaget. Tapi itulah kebiasaan yang sudah berlangsung lama, dan masing ada di beberapa tempat.

TERKAIT  Restoran Terapung, dengan Menu Khas Pemanja Lidah

Bahan utamanya mie lidi berbahan tepung tapioka. Dalam bentuk bahan mentah, mie ini telah menjadi oleh-oleh dari Tapanuli. Bila tak sempat pulang kampung, tak jarang dikirim via paket kilat.

Rasanya beragam. Di kawasan Danau Toba, rasanya sering tergantung rempah yang dihasilkan dari daerah itu. Jika penghasil bawang, aromanya khas dengan rasa bawang. Jika penghasil andaliman, tentu ini menjadi inti rasanya.

Apapun campuran yang ditambahkan ke dalam Mie Gomak, rasanya sudah sangat akrab di lidah orang Batak. Hampir tiap jengkal daerah berpenduduk di kawasan Danau Toba terbiasa menjadikannya sebagai menu sarapan pagi.

Ingin mencoba salah satu resep Mie Gomak dari Desa Wisata Tipang, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan?. Ini resepnya.

Mie Gomak
Bahan dan resep sederhana membuat Mie Gomak.(foto:ninna)

Kadang Mie Gomak dimasak langsung dibumbui dari kuah rebusannya. Ada juga yang membuat kuah terpisah, ada juga yang membuat Mie Gomak Goreng. Ada banyak jenis olahan Mie Gomak saat ini, tergantung selera dan kreativitas yang memasak.

 

Penulis   : Gomgom Lumbantoruan
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU