Rafael dan Zico Tambah Kekuatan Skuad Timnas Indonesia

BERSPONSOR

NINNA.ID – Pelatih tim nasional U-20 Indonesia Shin Tae-yong (STY) membawa Rafael dan Zico untuk menambah kekuatan skuad Garuda Nusantara.

Dilansir dari BolaSport, STY menilai kualitas individu dua calon pemain naturalisasi Rafael Struick dan Zico Soree bagus nam, zicoun masih perlu meningkatkan kerja sama mereka dengan skuad berjuluk “Garuda Nusantara”.

STY juga menyampaikan bahwa kekurangan dua pemain keturunan asal Belanda, Zico Soree dan Rafael Struick tersebut wajar, lantaran Rafael dan Zico baru bergabung dengan timnas U-20 Indonesia. Mereka baru berlatih bersama Marselino Ferdinan dan kawan-kawan di Spanyol.

Sebagaimana diketahui, Rafael Struick dan Zico Soree dipercaya menjalani debut bersama Timnas Indonesia U-20 dengan menjadi starter pada pertandingan tersebut.

BERSPONSOR

Meski tim asuhan Shin Tae-yong kalah, ada dua pemain keturunan yakni Rafael Struick dan Zico Soree yang mencuri perhattian.

Mereka baru bergabung dengan timnas U-20 Indonesia dan langsung tampil membela tim. Walaupun keduanya belum pernah berlatih normal bersama para pemain lainnya.

Ternyata tak hanya itu yang paling mengejutkan, tapi Rafael dan Zico memang sejak awal tidak pernah direncanakan bergabung ke Spanyol.

Hamdan Hamedan yang mengurus proses pemain keturunan untuk dinaturalisasi berbagi cerita bahwa Rafael dan Zico memang sejak awal diminta secara mendadak oleh Shin Tae-yong.

BERSPONSOR

Pelatih timnas U-20 Indonesia itu mengatakan ingin tambahan dua pemain keturunan yang berposisi sebagai penyerang pada 12 November 2022.

Keinginan memanggil dua penyerang tentu saja karena skuad Garuda Nusantara memang masih membutuhkan kekuatan untuk menambah daya gedor tim.

Apalagi timnas U-20 Indonesia juga saat itu direncanakan menghadapi beberapa tim lagi untuk uji coba. Tentu saja Rafael dan Zico diharapkan bisa dilihat kemampuannya.

Meski sebelumnya Shin Tae-yong telah mengikut sertakan dua pemain keturunan lainnya yakni Justin Hubner dan Ivar Jener.

- Advertisement -

Untuk kedua pemain ini bahkan sudah gabung dengan timnas U-20 Indonesia sejak mereka latihan di Turki.

“Jadi hari Sabtu, 12 November 2022 pelatih Shin meminta kepada Ketum untuk mendatangkan dua pemain tambahan untuk trial,” ujar Hamdan Hamedan sebagaimana keterangan tertulis yang diterima BolaSport.com.

“Ketum (Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan) memerintahkan saya untuk mengakomodasi permintaan tersebut secepatnya,” ucapnya.

TERKAIT  Live Streaming Yandex Bola Piala Dunia 2022 Melalui HP, Apa Saja Kelebihannya?

Setelah menerima perintah dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, ia mengaku langsung bergerak cepat.

Hamdan Hamedan mengatakan bahwa ia langsung berbicara dengan Rafael dan Zico tentu dengan keluarganya juga.

Setelah berkomunikasi, ternyata keduanya setuju dan akhirnya langsung diproses dan keduanya pun langsung bergabung ke Spanyol.

“Saya meeting dengan Zico Sabtu malam dan dia langsung berkenan,” kata Hamdan.

“Sementara meeting dengan Rafael dan keluarganya dilakukan hari Selasa jam 1 malam. Dia pun siap ikut trial,” ujarnya.

Hamdan mengatakan Rafael dan Zico pun bergabung saat timnas U-20 Indonesia dijadwalkan uji coba melawan Prancis pada 17 November 2022.

Namun, mereka memang tak dimainkan karena baru bergabung dengan tim.

Namun, tak lama setelah itu Rafael dan Zico langsung dimainkan saat melawan Slovakia dan hingga sekarang telah bergabung dalam TC timnas U-20 Indonesia di Spanyol.

“Alhamduliah, semua proses yang kami lakukan berdasarkan perintah Ketum berjalan cepat,” tutur Hamdan.

“Hari Sabtu mereka diminta pelatih Shin, lima hari kemudian yaitu hari Kamis keduanya sudah ada di Spanyol dan langsung berlatih.”

Sementara itu, Rafael dan Zico pun berbagi kesannya setelah bergabung dengan timnas U-20 Indonesia.

Keduanya merasa bangga bisa bergabung dengan skuad Garuda Nusantara.

Apalagi Rafael berhasil mencetak gol, tentu saja pemain berpaspor Belanda itu merasa bangga.

“Saya sangat bangga bisa bermain untuk Indonesia, terima kasih. Saya merasa bangga bisa mencetak gol untuk negara yang luar biasa ini,” kata Rafael.

“Luar biasa, ini adalah sebuah kehormatan dan rasanya seperti mimpi jadi kenyataan. Tentunya saya enggan suka dengan hasil kalah, tetapi saya merasa bersyukur,” ujar Zico.

Sementara itu, Shin Tae-yong sendiri telah mengevaluasi kedua pemain keturunan tersebut.

Menurut Shin Tae-yong keduanya memiliki keterampilan yang bagus secara individu.

Akan tetapi, untuk permainan organisasi masih kurang, sehingga selama TC di Spanyol tentunya keduanya bakal digenjot oleh Shin Tae-yong.

Sekedar informasi, timnas U-20 Indonesia sendiri direncanakan kembali ke Tanah Air pada 25 November 2022.

Hal ini karena Shin Tae-yong harus segera mempersiapkan timnas Indonesia menuju Piala AFF 2022.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU