Pusuk Buhit Destinasi Terbaik di Samosir bagi Para Penjelajah Gunung

BERSPONSOR

Samosir, NINNA.ID-Pusuk Buhit puncak paling tinggi di Samosir, sudahkah Sobat pernah menaklukannya? Puncak gunung ini paling menonjol, sangat kelihatan saat kita manatap Danau Toba di sekitar Kecamatan Simanindo maupun Pangururan.

Khususnya saat kita berada di pesisir pantai Samosir, kita akan melihat kemegahan dan kekuatan gunung ini. Pernahkah terbesit di benak Sobat untuk menaklukan gunung yang satu ini?

Wikipedia menyebutkan Pusuk Buhit salah satu puncak di pinggir barat Danau Toba. Dalam mitologi Batak, puncak tersebut diceritakan sebagai tempat kelahiran Si Raja Batak.

Pusuk Buhit bagian dari Gunung Toba yang terdapat di Sumatera Utara. Gunung ini diperkirakan terbentuk sekitar 54,5 ribu tahun lalu.

BERSPONSOR

Tinggi Pusuk Buhit mencapai 1972 mdpl (meter di atas permukaan laut). Ada dua kecamatan yang melintasi Pusuk Buhit yakni Kecamatan Sianjur Mulamula dan Kecamatan Pangururan. Ada sejumlah desa yang bersinggungan langsung.

Selama ini, para wisatawan mengunjungi Pusuk Buhit untuk kebutuhan ziarah.

Ada sejumlah pegiat wisata gunung yang aktif mempromosikan usahanya seperti penyewaan tenda berkemah, kompor portable, lampu tenda, senter kepala, sleeping bag, rental sepeda motor, trekking pole, gas portable, cooking set, carier 60+5 liter, matras dan kebutuhan untuk berkemah lainnya.

Manogu Sinaga
Manogu Sinaga, salah satu pemandu wisata gunung di Pusuk Buhit siap menemani para pendaki menaklukkan Pusuk Buhit (foto: istimewa)

Ada banyak potensi yang dimiliki Pusuk Buhit menjadikannya sebagai destinasi wisata favorit bagi para pencinta alam, penjelajah gunung.

BERSPONSOR

Selain itu, di sekitar Pusuk Buhit juga terdapat banyak destinasi wisata yang kerap dikunjungi oleh wisatawan, terutama mereka pencinta budaya Batak.

Batu Sawan, Puncak View Simullop, Air Terjun Naisogop, Desa Siboro, Perkampungan Siraja Batak Sigulatti, Batu Hobon, Aek Sipitu Dai, Pusat Geopark Kaldera Toba, Aek Rangat, Boho, dan objek wisata lainnya.

PUSUK BUHIT
Wisatawan asing pun kerap menjelajahi Pusuk Buhit (foto: istimewa)

Karena ada banyak destinasi wisata di sekitar Pusuk Buhit dan pemandangan bentang alamnya yang begitu keren, banyak travel agent serta instansi yang bertujuan untuk mempromosikan Pusuk Buhit secara masif.

Mereka berharap Pusuk Buhit menjadi magnet baru di Danau Toba secara khusus bagi Samosir menarik sebanyak mungkin wisatawan.

- Advertisement -

Titik awal peradaban suku Batak ini diharapkan dapat memikat banyak mata para pencinta alam untuk hadir ke sini dna melihat keajaiban alam Geopark Kaldera Toba.

Sport Tourism di Danau Toba

Salah satu instansi yang belum lama ini mempopulerkannya yakni Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT). Badan tersebut telah melaksanakan event lomba lari dinamai Trail of The Kings (ToTK) dengan tujuan mempromosikan sport tourism di Danau Toba.

Pusuk Buhit dipilih sebagai salah satu tujuan lintasan para pelari dengan panjang lintasan 27.000-meter dan 50.000-meter. Kedua kategori pelari ini akan melewati Gunung Pusuk Buhit, lokasi asal mula Raja Batak.

Para pelari melintasi Gunung Pusuk Buhit – Lembah Singkam – Hulu Air Terjun Nai Sogop – Lembah Sianjur Mula Mula dan finish sepanjang jalur tepi danau.

Harapannya, pelaksanaan event ToTK Danau Toba akan naik kelas menjadi major event UTMB di Asia.

Jika itu terealisasi, Danau Toba akan menjadi lokasi diadakannya event internasional bergengsi tiap tahunnya.

Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan Event ToTK akan menjadi sebuah produk wisata yang merupakan narasi baru untuk mempromosikan dan memasarkan Danau Toba ke tingkat nasional maupun internasional.

TERKAIT  Nonton Film Kapan Kawin Dimana? Bukan di LK21 Tapi Disini!

“Kami memperkenalkan Trail of the Kings sebagai produk sport tourism berbasis ekowisata dan geowisata dengan memanfaatkan potensi Danau Toba yang luar biasa. Pusat event lari ToTK salah satunya adalah Pusuk Buhit,” jelas Jimmy belum lama ini dalam konferensi pers jelang pelaksanaan event ToTK.

Selain BPODT, ada sejumlah travel agent bahkan Marketing Manager Kualanamu juga secara khusus meninjau Pusuk Buhit untuk melihat produk wisata apa yang dapat dijual ke publik.

Aktivitas di Pusuk Buhit

Mendaki

Menjelajahi gunung jadi salah satu aktivitas yang kerap wisatawan nikmati di Pusuk Buhit. Karena jarak yang ditempuh jauh dan kondisi alam cukup menantang, jalur ini cocok bagi mereka yang kuat dan sehat secara jasmani.

Sebab, waktu pendakian dari areal parkir di Geopark Sigulati hingga mencapai puncak Pusuk Buhit butuh waktu 3,5-4 jam.

Pihak pengelola Pusuk Buhit menetapkan pengaturan yang diorganisasi dengan baik bagi orang-orang yang hendak mendaki gunung tersebut.

Peralatan dapat disewa. Tersedia porter dan pemandu yang terlatih, serta beberapa penginapan menyediakan akomodasi yang nyaman dari awal hingga akhir pendakian gunung tersebut.

Di gunung tersebut terdapat pondok-pondok yang dibangun dengan bagus pada ketinggian yang berbeda, sehingga menyediakan tempat berlindung bagi pendaki.

Berkemah

Pusuk Buhit juga merupakan tempat berkemah paling digemari oleh para penjelajah gunung.

Keindahan alamnya yang masih sangat asli dan menawan, memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pecinta alam.

Suasana yang tenang dan damai serta keindahan alam yang memukau akan memanjakan setiap pengunjung.

Tidak disarankan untuk mendaki dan berkemah tanpa ditemani pegiat wisata gunung khususnya penduduk setempat.

Kondisi alam yang tidak dapat diprediksi perlu menjadi pertimbangan Sobat.

Selain itu, para pegiat wisata di sana telah terlatih untuk mendampingi dan menghadapi kondisi alam.

Sobat bisa membawa alat berkemah dari rumah. Bisa juga memesan dari pegiat wisata di Pusuk Buhit di antaranya Lorista Limbong dengan kontak HP 081375016861, 081361105230 dan Manogu Sinaga dengan kontak HP 081264845434.

Mereka menyediakan penyewaan tenda berkemah, kompor portable, lampu tenda, senter kepala, sleeping bag, rental sepeda motor, trekking pole, gas portable, cooking set, carier 60+5 liter, matras dan kebutuhan untuk berkemah lainnya.

LORISTA Limbong
Lorista Limbong berpose bersama para tamu asing yang ia pandu menjelajahi Gunung Pusuk Buhit (foto: istimewa)

Menuju Pusuk Buhit

Untuk sampai ke Pusuk Buhit, Sobat sudah pasti harus sampai dulu ke Kabupaten Samosir. Dari TukTuk menuju areal parkiran Pusuk Buhit yakni sekitar Geopark Sigulati dibutuhkan setidaknya 1 jam 30 menit atau 15 menit dari Pangururan.

Sobat bisa memilih melintasi Aek Rangat atau dari Limbong menuju Pusuk Buhit. Kedua arah ini akan mempertemukan Sobat menuju Geopark Sigulati. Dari lokasi parkir di sekitar Geopark Sigulati, Sobat butuh waktu sekitar 4 jam untuk mencapai puncak Pusuk Buhit.

Butuh informasi lengkap untuk bisa tiba ke Pusuk Buhit, jangan ragu hubungi kedua no di atas- Lorista Limbong dan Manogu Sinaga.

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU