spot_img

The Onan of Toba Caldera

Pusat Pasar Aneka Produk UMKM Danau Toba

SIMALUNGUN – Onan atau lazimnya disebut pekan atau pasar merupakan pusat keramaian yang menjadi tempat transaksi pada hari yang biasanya sudah ditentukan. Demikianlah, pada hari yang sudah ditentukan, Jumat 11 Maret 2022, pembukaan “The Onan” yang diinisiasi oleh Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kaldera Toba untuk pertama kalinya resmi dibuka di Open Stage Pagoda Parapat.

The Onan Of Toba Caldera selain menampilkan aneka kuliner khas produk UMKM dari kawasan kaldera Toba juga menampilkan pameran, klinik UMKM, bazar, lomba kuliner, fashion show dan pagelaran seni budaya. Bahkan pagelaran seni budaya yang menampilkan tari nusantara dari TK/RA Islamiyah Parapat dan Tor-tor Sihutur Sanggul dari SMP/MTs Al- Muttaqin Parapat  asuhan ibu Rahimah cukup memukau paronan (pembeli dan penjual).

The Onan yang mendapat support dari badan Pengurus Toba Caldera UNESCO Global Geopark (BP TC-UGGp) melalui sambutan yang disampaikan Ketua Harian BP TC-UGGp, Mangindar Simbolon mengatakan, salah satu fungsi dari geopark atau taman bumi adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal.

“Ini adalah kesempatan yang baik sebab kehadiran dan penilaian UNESCO terhadap Kaldera Toba adalah suatu moment untuk menambah jejaring serta mengangkat produk-produk UMKM Kaldera Toba agar lebih mendunia,” ujar Mangindar.

Pengunjung The Onan yang sedang asik berbelanja aneka produk UMKM Kaldera Toba hanya dengan voucher belanja yang disediakan panitia sontak tertegun ketika yayasan Cahaya Bersama Rakyat Cabang Toba asuhan Rosita Mariani Hutapea menampilkan fashion show dengan modelnya para penyandang disabilitas asuhannya.

TERKAIT  Jaket Balap Jokowi Edisi Terbatas, Hanya untuk Presiden
The Onan UMKM Toba 2
Fashion Show para penyandang disabilitas.(foto;asmon)

Di The Onan yang akan berlangsung hingga Minggu13 Maret 2022 ini, juga berdiri stand beberapa sponsor dari beberapa perusahaan sekitar Kaldera Toba dengan produk binaan perusahaan.

Tak kalah menarik, uning-uningan dari Dolok Sipiak dengan alunan bunyi seruling yang sangat syahdu diiringi gondang dan kecapi serta garantung semakin membuat para paronan enggan untuk beranjak.

“Sembari berbelanja alias maronan dapat hiburan yang langka. Asyik sekali,” celetuk seorang paronan.

Bagi bro dan sista yang ingin mencicipi atau berbelanja serta ingin mengenal lebih jauh tentang aneka kuliner khas Kaldera Toba, serta informasi destinasi wisata seputar Kaldera Toba, sangat disarankan untuk segera berkunjung ke lokasi The Onan.

Di sana bro dan sista juga boleh cari informasi lebih lanjut mengenai Geopark Kaldera Toba lewat stand yang disediakan oleh Disbudpar Provinsi Sumatera Utara. Jadi tunggu apalagi, segera berkunjung dan berbelanja di The Onan ya bro.

 

Penulis   : Asmon Pardede
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU