spot_img

Puncak Sidiangkat Menawarkan Keindahan dan Kedamaian

NINNA.ID – DAIRI

Puncak Sidiangkat salah satu destinasi wisata yang ada di Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Tempat wisata ini berada di Jalan Runding Kelurahan Sidiangkat, berbatasan dengan Kabupaten Pakpak Bharat dan berjarak sekitar 8  kilometer dari Kota Sidikalang. Tempat wiasata ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Setiap hari libur, tempat wisata yang berada di jalan nasional menuju Kota Subulussalam Provinsi Aceh ini, sangat ramai dikunjungi wisatawan, baik itu warga Kabupaten Dairi maupun luar daerah. Tak hanya keindahan alamnya yang bisa dilihat di sini, tempat wisata ini juga dilengkapi spot foto menarik untuk berselfie.

Sedikitnya ada 16 spot foto menarik dan asyik di sini. Antara lain, replika bulan sabit, sarang burung bulat, sarang burung gantung, jembatan gantung, bingkai matahari, tangga menuju awan, duduk melayang, di dalam kuali, sakura, pintu rumah hobbit, lambang love bergantung, sapu terbang, rumah Papua, ayunan, nama-nama jalan unik dan rumah berbentuk segi tiga.

Dari dua sisi puncak ini, wisatawan dapat melihat keindahan Kota Sidikalang dan perladangan kopi, jeruk dan tanaman lainnya milik masyarakat petani. Bila cuaca cerah, bukit barisan dan puncak gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo juga dapat terlihat.

Keindaham alam perbukitan dengan pegunungan yang hijau berada di Kabupaten Pakpak Bharat serta Kota Subulussalam dan Laut  Singkil Provinsi Aceh juga terlihat dari puncak Sidiangkat ini.

Udara yang segar dan sejuk membuat wisatawan akan merasah betah, ditambah lagi suara satwa liar, seperti siamang (imbo) yang saling sahut menyahut di tengah hutan dapat  terdengar saat berada di tempat ini.

TERKAIT  Pea Porohan, Anak Danau Toba di Pundak Pulau Samosir

Untuk masuk ke tempat wisata ini, wisatawan cukup membayar tiket Rp 10.000. Di sini juga tersedia pondok-pondok untuk bersantai dengan tarif Rp 15.000. Wisatawan yang ingin menginap, disediakan hotel degan tarif Rp 150.000 – Rp 200.000 per malam.

sidiangkat
Menikmati  keindahan alam dari Puncak Sidiangkat di Sidikalang Kabupaten Dairi.(Foto:fajar)

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi tidur di alam terbuka, tempat wisata ini menyediakan penginapan berupa pondok yang berbentuk segi tiga yang bisa menampung 3-4 orang di dalamnya, untuk tarifnya hanya Rp 200.000 per malam.

Di lokasi seluas lebih kurang  dua hektar ini, juga diperbolehkan mendirikan tenda untuk berkemah, sambil menikmati keindahan gemerlap lampu Kota Sidikalang di malam hari. Rasakan kedamaian alam di puncak ini.

Ditemui NINNA.ID, pemilik dan pengelola tempat wiasata Puncak Sidiangkat, Siong Sinaga menjelaskan, kalau tempat wiasata itu mulai dibuka pada tahun 2016. Sebelumnya di sini hanya ada bangunan Hotel Nantampuk Mas milik keluarganya.

Sidiangkat
Jajaran pondok-pondok yang bisa digunakan wisatawan untuk bersantai menikmati keindahan alam di Puncak Sidiangkat Kabupaten Dairi.(Foto: fajar)

Menurutnya, ide untuk membuka tempat wisata pertama kali setelah melihat tayangan acara wisata di televisi dan saat berjalan-jalan mengunjungi objek wisata. “Karena di tempat saya ini keindahan alamnya cukup mendukung, sehingga saya pun mencobanya. Ternyata sangat diminati wisatawan dari dalam negeri sampai luar negeri,” ucapnya.

Wisatawan dari pulau Jawa serta luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura juga pernah berkunjung ke sini. Untuk datang kesini, wisatawan tidak perlu membawa bekal, karena makanan dan minuman tersedia disini.

“Hanya dengan Rp. 5000, di sini wisatawan dapat menikmati rasa kopi Sidikalang yang sudah mendunia,” ujarnya.

Sidiangkat
Menjemput malam dari bulan sabit di Puncak Sidiangkat Kabupaten Dairi.(Foto :fajar)

Penulis : Fajar
Editor  : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU