spot_img

Pulau Tulas, Padang Rumput Ala Selandia Baru di Danau Toba

SAMOSIR – Setelah Pulau Samosir dan Pulau Sibandang, Pulau Tulas merupakan pulau terbesar ketiga yang  ada di Danau Toba.  Letaknya di sebelah Timur Desa Siboro, Kecamatan Sianjurmulamula, Kabupaten Samosir. Pulau yang dipenuhi padang rumput hijau ini, selalu memesona siapa saja yang menatapnya.

Menatapnya di pagi, siang dan sore hari selalu memancarkan pesona keindahan memikat hati. Hamparan hijau padang rumput yang menutupi sebagian besar  permukaannya, selaras dengan warna biru danau, mengingatkan kita akan keindahan padang rumput di Selandia Baru.

Banyak orang yang traveling ke Samosir tertegun saat memandang keindahan pulau ini. Sayangnya, pulau cantik ini belum terjamah dan dikelola maksimal menjadi sebuah destinasi ciamik di kawasan Danau Toba.

Menurut penduduk yang bermukim di Desa Hutagalung Siboro, yang akrab disapa “Apa Nestor Siboro” mengatakan, sejak dulu pulau itu sebatas sebagai tempat memelihara secara lajangan (dilepas bebas) ternak peliharaan  seperti kerbau, lembu dan kuda.

Namun belakangan ini, keinginan melepas ternak di pulau tersebut tidak lagi dilakukan. Sebab, banyak ternak yang  meninggalkan pulau dengan cara berenang menyeberangi danau ke Pantai Siro, pantai di sisi pulau Sumatera yang berjarak kurang lebih seratus lima puluh meter.

Saat ini, bagian pulau sebelah Utara  dan sebelah Barat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian terbatas, oleh warga terdekat. Selain itu, Pulau Tulas mulai menjadi objek wisata memancing, walau belum ada penataan yang terencana. Orang-orang yang memancing ke sana masih sebatas para mania pancing. Mereka datang dari luar daerah dan menyewa angkutan boat dari Dusun Tulas Pandulangan dan dari Pasir Putih Parbaba Pangururan.

TERKAIT  Bukit Sibea-bea, Kejutan Baru dari Danau Toba

Walau belum ada fasilitas pendukung wisata di pulau itu, dan kurangnya promosi ke luar daerah, tapi banyak orang terkesima dan mengabadikan dirinya dengan latar belakang pulau itu, jika melihatnya. Terakhir ini, mulai banyak postingan di media sosial dengan latar pulau alami itu.

Artis papan atas Indonesia sekelas Titi DJ dan Reza Artamevia, menjadikan pulau ini sebagai latar belakang Toba Jamming yang diproduksi Kemendikbud dalam rangka Pekan Kebudayan Nasional 2021.

Para traveler umumnya mengambil foto pada tiga titik spot terindah. Spot pertama adalah di bukit Simarharangan atau Bukit Burung, istilah yang mulai dikenal di kalangan netizen. Yang kedua ada di Simaningkot Hotanghotang, dan spot  yang ke tiga ada dari Bukit Simargolang Dusun Panjaitan Siboro.

Ketiga spot ini berada di lintasan Jalan Raya Ring-Road Pusuk Buhit dan hanya berjarak sekitar 6 sampai 7 kilometer dari pusat Kota Pangururan.

Bila bro dan sista ninnA ingin mengunjungi Pulau Tulas, kini sudah ada jasa sewa angkutan boat dari Tulas, Pandulangan dan dari Pasir Putih Parbaba. Tarif dengan sistem carter ini antara tiga ratus ribu rupiah sampai enam ratus ribu rupiah untuk antar jemput.

Rasakan  sensasi hening alam yang seolah disapa senyuman biru danau, berbalut lembutnya terpaan angin Timur, menjalajah hati ditingkahi indahnya alam berkelas platinum. Yuk mari ke Pulau Tulas

Penulis     :  Mister O/Jogi S
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU