spot_img

Pulau Simamora yang Mirip Kura-kura di Danau Toba

NINNA.ID – HUMBAHAS

Belum banyak yang tahu, ada beberapa pulau lain di Danau Toba selain Pulau Samosir. Salah satunya Pulau Simamora di Humbang Hasundutan. Pulau tanpa penghuni ini, jika dilihat dari kejauhan mirip bentuk kura-kura raksasa sedang mengapung di Danau Toba.

Pulau ini masih bagian wilayah administratif Desa Tipang. Jika dilihat sekilas, seperti kembaran dengan Pulau Tulas di Kabupaten Samosir.

Pulau Simamora disebut muncul dari letusan ketiga Gunung Toba sekitar 74.000 tahun silam. Faktor pendukung yang dapat dilihat saat ini di pulau itu, jenis bebatuan yang ada di sana merupakan jenis bebatuan hasil proses pendinginan lava inti Bumi. Jenis ini berbeda dengan jenis bebatuan yang dimuntahkan oleh letusan pertama dan kedua Gunung Toba.

Pulau ini pernah dijadikan masyarakat Tipang sebagai areal peternakan kerbau. Kerbau dari pulau ini juga mahir berenang, sehingga saat hendak dijual ke Pulau Samosir, kerbau-kerbau itu digiring melalui danau. Pemiliknya, tentu di atas kapal.

Dirasa belum dibutuhkan, saat ini Pulau Simamora tanpa penghuni. Meskipun tidak dihuni, puncak pulau ini kerap dikunjungi oleh para peziarah.

TERKAIT  Batu Guru, Batu Para Raja Sang Jawara

Pulau mirip kura-kura ini sebenarnya memiliki potensi yang belum digali untuk dunia pariwisata. Pulau ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata eksotis di Danau Toba kawasan super prioritas unggulan.

Dari Pulau Simamora, terlihat jelas  indahnya panorama lembah Siamak Pandan atau Desa Tipang. Di puncak pulau, terdapat dataran yang memungkinkan untuk dijadikan camping ground.

Sudah terbayang bagaimana sensasi menikmati malam di sana. Jauh dari suara kendaraan, hanya deburan ombak dan nyanyian serangga. Kerlap-kerlip lampu rumah warga Desa Tipang, Bakara dan Samosir seakan mengerling dari kejauhan.

Jika bertepatan musim buah, pengunjung bisa memetik buah mangga yang tumbuh di sana dan berenang sepuasnya di pinggiran Pulau Simamora.

Untuk sampai ke Pulau Simamora, dapat menempuhnya dalam waktu satu jam dari pusat Kota Dolok Sanggul ke Desa Tipang. Dari sini, ada jasa menyewakan boat untuk mengantarkan pengunjung sampai ke pulau mirip kura-kura itu.

Penulis    : Gomgom Sihombing

Editor       : Mahadi Sitanggang

 

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU