Produk dari Sumut Ini Rutin Diekspor

BERSPONSOR

MEDAN – Produk dari Sumut rutin diekspor ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan negara ASEAN lainnya. Beberapa jenis produk yang kerap diekspor ke negara tetangga di antaranya produk komoditas atau bahan mentah, sayuran, ikan, produk turunan atau olahan dan lainnya.

Untuk tujuan Malaysia misalnya, tiap minggu kapal angkutan barang mengangkut barang-barang dari Pelabuhan Tanjung Balai menuju Malaysia.

Informasi ini disampaikan oleh Datuk Diraja Dimyani, perwakilan dari Ananda Lestari Maju Sdn Bhd di hadapan para pelaku UKM Sumatera Utara, yang berminat untuk mengekspor produk.

“Buat Bapak/Ibu yang ingin mengirim sample produknya bisa melalui kapal sayur di Pelabuhan Tanjung Balai atau lewat Kualanamu. Biasanya tiap minggu ada kapal sayur yang mengirim barang dari Tanjung Balai ke Port Klang,” jelas Datuk Diraja Dimyani via Zoom di hadapan para pelaku UKM, Rabu 28 September 2022.

BERSPONSOR

Acara Business Matching yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut di Hermes Palace Hotel Medan di Jalan Pemuda.

Selain Malaysia yang diwakili oleh Datuk Diraja, ada tiga negara lain yang hadir pada acara business matching yakni Singapura, India, dan Korea. Business matching diadakan via Zoom bersama 30 pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Sumatera Utara. Business Matching merupakan pertemuan bisnis antara pebisnis, pengecer, agen, distributor dengan calon investor atau partner.

TERKAIT  OJK Gandeng Dukcapil Tingkatkan Kualitas Layanan dan Pengawasan Industri Jasa Keuangan

Adapun 30 peserta dalam pertemuan business matching rata-rata menjual komoditas, produk turunan dari pertanian dan industri olahan makanan. Beberapa di antaranya juga sudah pernah mengekspor produk dalam jumlah besar maupun kecil. 30 peserta di antaranya PT Sehat Jaya Raya, CV Indonesia Commodity Export. PT Aloya Bumi Nusantara, Rumah Ara Kreatif, Fresco Essential Oil, dan lainnya.

Dilansir dari Data Badan Pusat Statistik Sumut, selama tahun 2021, sektor industri mendominasi ekspor Sumut yang mencapai 96,42 persen dari total ekspor Sumut. Disusul oleh sektor pertanian 3,64 persen, kemudian disusul oleh sektor pertambangan 0,02 persen.

BERSPONSOR

Selama tahun 2021, jumlah produk industri yang diekspor oleh Sumut mencapai 9.131.000 ton, disusul oleh 335.710 ton ekspor pertanian, dan 2.780 ton ekspor pertambangan. Total ekspor Sumut mencapai 9.469.840 ton selama tahun 2021.

 

Penulis   : Damayanti Sinaga
Editor      : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU