spot_img

Presiden Joko Widodo Resmikan 7 Pelabuhan di Danau Toba

TOBA – Setelah meresmikan Jalan By Pass di Kecamatan Balige Kabupaten Toba dan Ruang Terbuka Hijau di Parapat Simalungun, Presiden Joko Widodo meresmikan kapal dan Pelabuhan Ajibata di Kabupaten Toba, yang dibangun Kementerian Perhubungan.

“Hari ini pelabuhan penyeberangan di kawasan Danau Toba yang diresmikan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige (Kabupaten Toba), Simanindo (Kabupaten Samosir), Tigaras (Kabupaten Simalungun), Muara (Kabupaten Tapanuli Utara), Baktiraja (Kabupaten Humbang Hasundutan), dan Tongging (Kabupaten Karo),” ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo dipandu tokoh masyarakat melaksanakan ritual adat Batak meresmikan pelabuhan. (Foto : Feri)

Untuk mendukung konektivitas antar pelabuhan, diresmikan 4 kapal pendukung yaitu dua unit Bus Air yaitu Asa-Asa dan Jurung-Jurung, serta dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yaitu Kaldera Toba dan Pora-Pora. Keberadaan kapal ini melengkapi satu unit kapal yang telah diresmikan yaitu KMP Ihan Batak.

Menurut Presiden keberadaan kapal dan pelabuhan di Danau Toba sangat mendukung Danau Toba sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia.

Setelah meresmikan dan menandatangi prasasti, Presiden bertolak ke Pulau Samosir menggunakan KMP Kaldera Toba.

Sebelum peresmian kapal dan pelabuhan, Presiden Joko Widodo ishoma di Danau Toba tepatnya di lantai dua ruangan gedung BPTD Wil II penyeberangan Ajibata.

TERKAIT  5 Dewi Danau Toba Ikuti Famtrip Kemenparekraf

Sebelumnya, saat Jokowi tiba di pelabuhan penyeberangan Ajibata, warga sekitar bersorak dan tawa serta senyum sumringah menghias saat berkesempatan berfoto dan selfi bareng dengan Presiden.

Presiden tiba di Pelabuhan Ajibata menggunakan kendaraan taktis untuk ishoma di Danau Toba tepatnya di lantai dua ruangan gedung BPTD Wil II penyebrangan Ajibata.

Presiden Joko Widodo juga menyempatkan waktu melihat produk-produk yang dipajang di stand UMKM di kawasan Danau Toba.

 

Penulis       : Feri
Editor           : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU