spot_img

Presiden Joko Widodo : Huta Siallagan Sangat Berkelas

SAMOSIR – Akhirnya Presiden Joko Widodo tiba di Pulau Samosir, setelah meresmikan Pelabuhan Ajibata serta beberapa pelabuhan lainnya di kawasan Danau Toba, secara sekaligus. Menaiki kapal Fery KMP Kaldera Toba yang baru saja diresmikannya, Presiden beserta rombongan menikmati keindahan alam Danau Toba hingga tiba di Kabupaten Samosir.

“Horas Pak Jokowi, fotolah kami Pak Jokowi,” seru beberapa orang ibu di Siallagan saat Presiden tiba. Wanita lain berteriak “Pak Jokowi! I Love You full Pak Jokowi”.

Ragam dukungan untuk Pak Jokowi berpadu riuh di Huta Siallagan, walau sedikit saling dorong dengan Paspampres yang sangat berjaga guna tetap menjaga protokol kesehatan. Upaya emak-emak itu kandas, tapi mereka maklum dan terus berteriak mendukung Presiden RI itu.

Melewati pintu batu gerbang Huta Siallagan di Desa Siallagan Pinda Raya Kecamatan Simanindo, suasana tenang. Presiden Joko Widodo memasuki kampung yang terkenal dengan kampung peradilan orang Batak itu.

Di sana, hanya terlihat dua pasang tokoh masyarakat menyambut Presiden Jokowi. Mereka menyambut Sang Presiden dalam bahasa Batak yang sesekali dipadu dengan bahasa Indonesia ala orang tua yang ada di Desa Siallagan.

Mereka mempersilahkan Presiden mengenakan ulos-nya sendiri, sebagai simbol kebahagiaan dan kebanggaan masyarakat Huta Siallagan akan kehadiran “Raja”, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Saya bersyukur hari ini bisa melihat bahwa Huta Siallagan serta lingkungan sekitarnya sudah direvitalisasi, sudah ditata kembali. Dengan restorasi ini, kita harapkan selain untuk konservasi adat budaya, juga untuk destinasi pariwisata yang sangat sangat sangat menarik tertata rapi dan memiliki kelas.

Oleh sebab itu, pada hari ini saya resmikan penataan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan hasil Penataan Huta Siallagan.

TERKAIT  Presiden Joko Widodo Taklukkan 12 Km Jalanan Danau Toba Hanya 15 Menit

Seperti layaknya tamu yang bertamasya ke Huta Siallagan, Presiden Joko Widodo bersama Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno dan rombongan berjalan-jalan seraya menikmati tenangnya Huta Siallagan.

Warga yang menantikan kehadiran Presiden Joko Widodo sedari pagi, akhirnya hanya bisa memandang dari pinggir jalan dengan meneriakkan nama Presiden dan berharap kebagian kaos Jokowi.

Perjalanan dilanjutkan menuju Kampung Ulos Huta Raja Desa Lumban Suhi-suhi Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

 

Penulis    : Febe
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU