Prabowo Pilihan Wong Cilik di 2024, Lapangan Kerja Diperbanyak

BERSPONSOR

NINNA.ID – Prabowo pilihan wong cilik di Pilpres 2022 nanti. Banyak juga yang berharap di masanya, lapangan pekerjaan di Indonesia semakin diperbanyak.

Data itu dilansir lembaga survei Political Weather Stations (PWS), terkait hasil survei calon presiden (capres) yang menjadi pilihan masyarakat di 2024. Bagi masyarakat menengah ke bawah seperti buruh, petani hingga kaum pengangguran atau wong cilik, Ketua Umum itu masih di hati mereka.

Untuk elektabilitas, selalu diisi tiga nama teratas: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 29.5 suara berhasil milik Prabowo, Ganjar 20,9 persen dan Anies 19,8 persen.

Di kalangan suara kaum tani yang dirilis oleh PWS maka hasilnya tetap Prabowo menempati posisi nomor wahid. Sebanyak 56,2 persen suara berhasil dia dulang.

BERSPONSOR

Sisanya, sekitar 38,3 persen kaum tani memilih nama capres seperti Ganjar dan Anies.

Salah satu alasan kaum tani banyak memilih Prabowo, menurut peneliti PWS Sharazani, Prabowo pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

“Pengalaman sebagai Ketua Umum HKTI ternyata membuat nama Prabowo sudah terlanjur lekat di hati kaum tani,” ujar Sharazani dalam rilis hasil survei yang diadakan PWS bertajuk ‘Calon Presiden dan Partai Politik Pilihan Masyarakat Bawah (Wong Cilik), Selasa (15/11/2022)

Di kalangan kaum buruh, yang menyumbang 51,3 persen, Prabowo dianggap mampu mensejaterahkan kaum buruh jika terpilih menjadi presiden di tahun 2024.

BERSPONSOR
TERKAIT  Nonton Film Greenland dan The Titan Malam Ini di Bioskop Trans TV, Catat Jam Tayangnya!

“Sebanyak 44,3 persen akan memilih capres-capres lain terutama Ganjar dan Anies dan sisanya 4,4 persen menjawab tidak tahu,” ungkap Sharazani.

Di kalangan pengangguran, menurut data survei PWS, Prabowo menjadi pilihan utama. Di kalangan pengangguran, Prabowo mampu mendapat 54,8 persen suara.

“Kaum pengangguran nampaknya mengharapkan Prabowo jika jadi Presiden RI dapat menciptakan lapangan kerja lebih banyak dari yang sekarang,” ujar Sharazani.

Sharazani kemudian mengungkapkan alasan mengapa masyarakat bawah cenderung memilih Prabowo sebagai capres 2024. Lantaran Prabowo diyakini bisa membawa mereka ke kehidupan yang lebih mapan.

- Advertisement -

“Mengapa masyarakat bawah atau wong cilik cenderung menjatuhkan pilihannya pada Prabowo Subianto? Berdasarkan analisis PWS, masyarakat bawah yang pada umumnya kehidupan ekonominya jauh dari mapan, cenderung mendambakan seorang calon presiden yang mampu membawa mereka keluar dari himpitan hidup mereka saat ini,” pungkasnya.

Survei PWS ini dilaksanakan pada 4-11 November 2022. Populasi dari survei ini WNI yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Diketahui ada 1.200 responden yang dinyatakan diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis (systematic-random sampling).

Margin of error dari survei ini ialah +/- 2,83 % pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 %. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon dengan pedoman kuesioner.

Editor : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU