Pj Bupati Taput Dimposma : Perbaikan Kerusakan Pipanisasi Air Bersih Segera Dikerjakan

BERSPONSOR

Taput, NINNA.ID-Penjabat Bupati Tapanuli Utara Dimposma Sihombing mengungkapkan, pengerjaan perbaikan kerusakan pipanisasi air bersih yang mengakibatkan krisis air minum di dua kecamatan, yakni Kecamatan Tarutung dan Kecamatan Siatasbarita akan segera dimulai demi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat akan pentingnya ketersediaan air bersih.

“Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat akan pentingnya ketersediaan air bersih merupakan hal pokok yang harus disegerakan,” ujar Pj Bupati Taput Dr Dimposma Sihombing, Sabtu 1 Juni 2024.

Dalam kunjungannya ke lokasi kerusakan pipanisasi di Siualuompu, Dimposma meminta agar pihak Balai WIlayah Sungai Sumatera II segera memperbaiki kerusakan pipanisasi air bersih tersebut demi memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sebagai tindak lanjut permohonan yang telah disampaikan ke Kantor BWSS II dan Sekjend Kemen PUPR, belum lama ini.

“Hari ini, perbaikan kerusakan pipanisasi harus segera dikerjakan agar air bersih segera tersalurkan kepada masyarakat yang mengalami krisis air minum di dua kecamatan,” tegas Pj Bupati Taput.

BERSPONSOR
Kerusakan Pipanasi di Taput
Penjabat Bupati Tapanuli Utara Dimposma Sihombing meninjau kerusakan pipanasi air bersih (foto: rinto)

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Taput didampingi Kadis PUPR Dalan Simanjuntak, Kadis Perkim Budiman Gultom, Camat Tarutung Reynhard Lumbantobing, dan Direktur Perumda Mual Natio Lamtagon Manalu.

Menanggapi permintaan Pj Bupati, Satker OP BWSS II, Indra Kurnia berjanji untuk segera melaksanakan perbaikan pipanisasi air bersih tersebut dengan langkah pertama tanggap darurat.

“Hari ini, upaya perbaikan pipanisasi akan segera dikerjakan sekalian perencanaan lapangan berjalan, Pak,” sebut Indra Kurnia.

TERKAIT  Kejuaraan F1 Powerboat Diyakini Angkat Industri Pariwisata Danau Toba, Sumut

Sebelumnya, Pj Bupati Tapanuli Utara Dimposma Sihombing melanjutkan upaya dan langkah strategisnya dalam menyikapi keluhan masyarakat tentang kerusakan jaringan pipa transmisi yang berdampak pada krisis air minum di dua kecamatan di Taput dengan menyambangi Kantor Kementerian PUPR di Jakarta usai pertemuannya dengan Kepala BWSS II, Mohammad Firman.

BERSPONSOR

Pada kesempatan itu, Dimposma didampingi Direktur Perumda Mual Natio, Lamtagon Manalu menemui Sekjend Kementerian PUPR, Muhammad Zainal Fatah di kantor Kementerian PUPR.

“Kebutuhan mendesak akan perbaikan segera atas jaringan pipa transmisi yang rusak dan dikeluhkan masyarakat Taput harus secepatnya teratasi. Makanya, saya berinisiatif untuk menyambangi Kantor Kementerian PUPR,” ungkap Pj Bupati Dimposma.

Pj Bupati Taput meminta agar Kementerian PUPR segera melakukan perbaikan terhadap kerusakan jaringan pipa transmisi yang terjadi di Siualuompu, Kecamatan Tarutung.

Mendengar keluhan masyarakat yang disampaikan Dimposma, Sekjen Kementerian PUPR menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran Pj Bupati Taput.

- Advertisement -

Muhammad Zainal Fatah juga langsung berkomunikasi dengan Kepala BWS Sumatera II agar melakukan percepatan penanggulangan kerusakan jaringan pipa dimaksud.

Bahkan, Sekjend KemenPUPR juga mempersilahkan Pj Bupati untuk mengajukan DAK pada berbagai bidang infrastruktur termasuk bidang air minum dengan melakukan input data lengkap sesuai indikator dan skala prioritas pada aplikasi yang telah dimiliki oleh Bappeda Kabupaten Tapanuli Utara.

Penulis: Rinto
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU