Pesta Budaya Siboro se-Kabupaten Samosir Disambut Banyak Pihak dari Berbagai Kalangan

BERSPONSOR

NINNA.ID-Pesta Budaya Siboro yang sebagian acara ditandai dengan pengukuhan pengurus punguan Siboro, Boru, bere se-Kabupaten Samosir disambut antusias banyak pihak.

Sekitar 700 orang hadir di acara tersebut dengan antusias datang dari berbagai tempat, termasuk dari luar Kabupaten Samosir, seperti Dairi dan Humbang Hasundutan.

Terlihat masyarakat lokal juga turut memadati pesta yang diadakan Sabtu 9 Desember 2023 ini, di Huta Siboro Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir.

Tampak betapa Pengukuhan Pengurus Punguan Siboro kali ini berbeda dari pelantikan pengurus organisasi pada umumnya.

BERSPONSOR
Pesta Budaya Siboro
Pesta pengukuhan pengurus punguan Siboro se-Kabupaten Samosir (foto: Damayanti)

Sebab pengukuhan pengurus Punguan Siboro ini, dilangsungkan dengan ritus Budaya Batak.

Dimana Ketua umum dan Pengurus lainnya dilantik dalam iringan gondang Batak serta ditandai dengan penyematan Hobahoba, Handehande, Talitali serta penyerahan Tungkot Balehat Raja.

Kemudian semua pengurus satu-persatu ditaburi ” beras pir” berikut ” pangir pangurason. Simbolon restu dan berkat tertinggi di masyarakat Batak Toba.

Pesta Budaya Siboro

BERSPONSOR

Para pengurus tersebut akan bertanggung jawab dalam menjaga keberadaan, keberlangsungan dan kelestarian Bona Pasogit Huta Siboro khususnya di bidang adat, sosial dan budaya serta menumbuhkembangkan semangat dan kesatuan serta kebersamaaan yang bermartabat di kalangan Pomparan Raja Siboro, dengan tata kepengurusan sebagaimana diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga kemudian.

Pesta Budaya Siboro

Ketua Umum terpilih adalah Drs Ombang Siboro. Kemudian unsur KSB, adalah Jetlin Siboro, Dirman Siboro, Sorba Siboro, dan Bosder Siboro. Sekretaris Dayan Siboro, Wakil Sekretaris Nova Siboro.

Bendahara Naris Siboro dan Wakil Bendahara Henlinda Siboro serta seksi-seksi pengurus lainnya

- Advertisement -

Acara ini tidak hanya sekadar pengukuhan. Panitia acara juga menyediakan hiburan rakyat dengan menghadirkan Marsada Band untuk menghibur masyarakat di sekitar.

Produk UMKM Samosir
Produk UMKM Samosir ditampilkan di Pesta Budaya Siboro (foto: Damayanti)

Selain itu, panitia juga melibatkan Dinas Koperindag Samosir untuk menjual produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Samosir.

TERKAIT  Bukan Sembarang Filter, AI Manga Bisa Dipakai Untuk Berburu Hantu ?
Pesta Budaya Siboro
Pesta Budaya Siboro melibatkan Koperindag untuk menghadirkan produk UMKM Samosir (foto: Damayanti)

Membangun Bonapasogit

Tujuan pengukuhan Punguan Siboro ini juga dimaksudkan untuk membangun bonapasogit (kampung halaman) Huta Siboro, Kecamatan Sianjur Mulamula.

Ombang Siboro sebagai Ketua Umum bertujuan agar Huta Siboro dapat lebih maju khususnya didukung oleh kegiatan masyarakat di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ombang yang adalah pemilik BatuHoda Beach Samosir berharap masyarakat di Huta Siboro juga ikut bergeliat di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Melalui pengukuhan dan Pesta Budaya Siboro tersebut, diharapakan menjadi langkah awal untuk melakukan banyak pembenahan di Huta Siboro.

Selama acara yang berlangsung dari jam 9 pagi hingga sore bahkan menjelang malam, ada banyak tamu dari berbagai kalangan.

Tidak hanya pinompar (keturunan) Siboro. Ada juga dari kalangan instansi pemerintahan turut hadir di antaranya rombongan dari Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Samosir, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Koperindag) Samosir dan instansi lainnya.

Ucapan Selamat

Ucapan selamat juga datang dari berbagai pihak.

“Direksi dan Staf BPODT mengucapkan selamat dan sukses kegiatan Pesta Budaya Siboro. Semoga acara berjalan lancar dari awal hingga akhir kegiatan. Tuhan memberkati kita semua,” ucap Wahyu Dito Galih, Direktur Pemasaran BPODT.

“Selamat dan sukses. Semoga tim pengurus kompak dan sehati. Bersama kita membangun Bona Pasogit. Semakin akrab satu sama lain,” ucap Berliana Purba dari pengurus UMKM Kaldera.

“Selamat dan sukses buat pesta Siboro boru bere. Semoga acara demi acara berjalan lancar dari awal sampai akhir,” ucap Daniel L. Manik dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

“Sukses untuk keluarga besar Siboro, boru, bere, ibebere,” ujar Hartoba Torhis dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Samosir.

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU