Pesta Budaya Oang-oang Tampilkan Permainan Tradisional

BERSPONSOR

PAKPAK BHARAT – Pesta Budaya Oang-oang Pakpak Bharat, Jumat (07/10/2022), menampilkan perlombaan permainan tradisional Pakpak Bharat. Bebeberapa permainan tersebut: Lomba mercukkil yang diikuti oleh Pria, Lomba Merjalekkat yang diikuti pria, Lomba Mersitekka yang diikuti wanita, Lomba Merodong-odong dan lomba menyanyi cilik lagu Pakpak serta lomba tradisional lainnya.

Pelaksanaan beberapa lomba permainan tradisional tersebut, dilaksanakan di dua lokasi. Di Lapangan Napasengkut Kasean Banurea dilaksanakan seperti lomba Merjalekkat, Mercukkil, Mersitekka dan Menyanyi cilik lagu Pakpak. Sedangkan dilokasi Objek Wisata Delleng Sindeka, untuk lokasi lomba Merodong-odong.

Menurut wakil Ketua Panitia, Manihar Tumanggor, peserta dari perlombaan ini diikuti masyarakat dari 8 kecamatan Sekabupaten Pakpak Bharat.

Pesta Budaya Oang-oang ini dibuka Sekda Kabupaten Pakpak Bharat Jalan Berutu. Mewakili Bupati Pakpak, Jalan Berutu mengatakan, perlombaan itu merupakan kepedulian dan salah satu upaya untuk  melestarikan budaya suku Pakpak di Kabupaten Pakpak Bharat.

BERSPONSOR
TERKAIT  F1 H2O Event Internasional, Pemerintah dan Masyarakat Belum Sepakat

“Pesta Budaya ini kita lakukan sebagai upaya untuk tetap mempromosikan permainan-permainan tradisional kita, yang saat ini mengalami degradasi karena kecanggihan teknologi. Permainan-permainan tradisional ini harus tetap kita sosialisasikan kepada generasi generasi muda suku Pakpak dan ke daerah lain bahkan ke tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Pesta Oang-oang tahun 2022 digelar selama 2 Hari, tanggal 7 dan 10 Oktober 2022 lokasi di Kasean Banurea di lapangan Napasengkut. Untuk hari kedua yang merupakan puncak dari kegiatan Pesta Budaya Oang-oang akan dilaksanakan karnaval kendaraan hias,

 

Penulis   Lastro Banurea
Editor      :  Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU