spot_img

Pesona Kaldera Toba dari Bukit Senyum

TOBA – Menikmati pesona Danau Toba dari tempat yang lumayan tinggi tentu punya sensasi yang berbeda. Dari ketinggian tersebut, bentang alam Danau Toba akan terlihat lebih luas. Salah satu lokasi yang memberikan sensasi tersendiri untuk menikmati Danau Toba, dari ketinggian bukit di Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Dari bukit ini, sisi Utara ke arah Timur Danau Toba terlihat begitu memukau. Berdiri sembari menatap lurus ke depan maka di kejauhan akan terlihat Tao Silalahi dengan latar belakang perbukitan berwarna kebiruan.

Sementara di sisi kiri akan terlihat semenanjung Tuktuk seperti lidah yang menjulur, sedangkan di sisi kanan ada perbukitan Simarjarunjung dengan pantai Tigaras terihat samar di bawahnya.

Memandang ke sebelah kiri, Pulau Samosir terlihat seolah hanya beberapa langkah dari tempat kita berdiri. Tak kalah indahnya, di sebelah kanan, semenanjung Parapat terlihat cukup memesona dibayang-bayangi jalan lintas Sumatera seperti ular yang meliuk-liuk di punggung bukit barisan. Jika beruntung, kapal penyeberangan atau kapal feri yang sedang berlayar menuju Pulau Samosir atau sebaliknya terlihat cukup jelas dari sini.

Bukit senyum
Semenanjung Parapat yang memesona dilihat dari Bukit Senyum.(Foto:asmon)

Puas memandang sekeliling, kini saatnya kita memandang ke bawah. Desa Horsik yang berada di pinggir danau telihat seakan menggambarkan kedamaian. Keberadaan sebuah gereja di bawah sana mengingatkan kita untuk selalu bersyukur masih bisa menikmati keagungan alam ciptaaNya.

TERKAIT  Jokowi Point, Lokasi Foto Instagramable di The Kaldera

Situasi yang senantiasa memberikan keceriaan di bukit nan eksotik yang ditumbuhi rumput ilalang ini, membuatnya dikenal dengan Bukit Senyum. Jika dipandang dari danau saat berlayar dari Parapat menuju Pulau Samosir, bukit ini terlihat sangat indah dan kokoh.

Selain sebagai tempat untuk menikmati panorama alam Kaldera Toba, Bukit Senyum ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk foto prewedding. Saat sore hari, anak-anak sekitar kampung biasanya bermain di sini. Kehadiran anak-anak ini membuat situasi semakin ceria, mengingatkan kenangan saa kita seusia mereka.

Sekali waktu, situasi sore nan ceria yang diabadikan lewat foto di bukit ini pernah mendapatkan apresiasi sebagai salah satu poto yang ikut dipamerkan selama tiga hari di Jakarta, pada Pameran Fotografi Eksplorasi Keindahan Budaya dan Alam Danau Toba Tahun 2017 silam.

Tempat ini memang belum dikelola secara masksimal. Untuk masuk ke lokasi tidak dipungut bayaran. Di persimpangan jalan menuju lokasi sudah ada penunjuk jalan ke arah Bukit Senyum, milik keluarga Manurung.

Bagaimana bro dan sista ninnA, tertarik menjemput kegembiraan di Bukit Senyum ini? Gampang kok. Untuk sampai ke tempat ini hanya butuh waktu 15 menit dari Kota Parapat via Ajibata atau 90 menit dari Kota Balige via Sibisa.

 

Penulis  : Asmon Pardede
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU