spot_img

Pesona Green Island Sibandang yang Memukau 

NINNA.ID – TAPANULI UTARA

Pulau Sibandang Muara, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara merupakan salah satu objek wisata di kawasan Danau Toba. Pulau ini merupakan pulau terbesar kedua di kawasan Danau Toba, setelah Pulau Samosir.

Pulau ini dikelilingi Danau Toba dan berbatasan langsung dengan Samosir dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Berbeda dengan Pulau Samosir yang sudah menjadi salah satu kabupaten pemekaran dari Taput, pulau ini hanya dihuni tiga desa yakni Desa Sibandang, Papande, dan Desa Sampuran.

Jumlah penduduk sekitar 1.000 jiwa dengan pekerjaan mayoritas bertani dan sebagian nelayan. Pulau ini juga terkenal sebagai penghasil buah mangga.

Sejumlah marga Batak yang menjadi penghuni pulau ini, yakni Siregar, Rajagukguk, Oppung Sunggu, dan Simaremare. Pulau ini bisa ditempuh sekitar 15 menit melalui jalur air penyebrangan pelabuhan Dermaga Muara. Kalau dari Kota Tarutung bisa ditempuh sekitar 40 sampai 60 menit. Menuju Dermaga Muara juga dapat ditempuh melalui Bandara Silangit dengan waktu sekitar 30 menit.

Kalau kita menatap dan memandang pulau ini dari tepi Danau Toba Muara, pulau ini begitu tampak memesona. Kita melihat perbukitan dan pepohon indah yang memukau dan memanjakan mata.

Selain menawarkan keindahan  panorama, objek wisata ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Buah mangga. Pulau Sibandang, dikenal sebagai penghasil buah mangga yang manis berkualitas tinggi. Berasal dari ratusan pohon mangga besar, buah mangga dari Pulau Sibandang berwarna kuning cerah dengan daging buah yang kemerahan.

TERKAIT  Warga Desa Ini Mewarnai Rumahnya Dengan Tanah

Tahun-tahun sebelumnya, pemerintah Kabupaten Taput sering menggelar kegiatan panen mangga di pulau ini. Seiring berjalannya waktu, dengan adanya program pemerintah pusat menetapkan Danau Toba menjadi salah satu kawasan super prioritas unggulan, pulau ini digadang-gadang akan dijadikan sebagai Green Island (Pulau Hijau) Danau Toba yang bebas polusi.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Taput, Jeffry Sinaga.

“Tahun 2019 Pulau Sibandang sudah ditetapkan sebagai Green Island. Artinya pulau hijau yang bebas polusi dan tidak bisa lagi ada kendaraan bermotor,” ujarnya kepada Ninna.id baru-baru ini.

Dengan ditetapkannya Pulau Sibandang sebagai Green Island, Jeffri menuturkan, bekerjasama dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), pemerintah akan membangun berbagai fasilitas pendukung di kawasan objek wisata Pulau Sibandang.

“Di pintu masuk nanti akan ada Touris Information Center (TIC). Kemudian ada nanti Coffee HUT dan Fload Deck. Selanjutnya nanti akan ada area wisata pantai, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya,” ucapnya.

Penulis : Billy S
Editor  : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU