spot_img

Pesona Air Terjun Siringo dengan Tujuh Tingkatan

DAIRI – Wisata air di Silalahi tidak harus berhubungan dengan pantai atau danau saja. Air terjun dapat menjadi pilihan bro dan sista ninnA saat berkunjung ke Silalahi, Kabupaten Dairi. Salah satu objek yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Siringo. Pesona air terjun dengan 7 tingkat ini memang memiliki daya pikat yang kuat.

Air terjun ini memiliki keindahan yang begitu memesona. Tidak sedikit orang yang datang ke Silalahi menyempatkan waktu untuk menjelajah lebih dalam pesona air terjun ini. Apalagi harga tiket masuknya hanya Rp5.000, bro dan sista sudah dapat menikmati keindahan alam Silalahi yang begitu mengagumkan.

Objek wisata ini berlokasi di Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. Dari Tugu Silalahi, bro dan sista harus mengikuti jalan lurus sekitar 5 kilometer ke PLTA Renun.

Setibanya di pos kedatangan, hanya butuh waktu sekitar 5-10 menit untuk sampai di air terjun. Saat trekking menuju air terjun, ada seutas akar pohon yang nantinya digunakan sebagai pegangan untuk turun ke lokasi air terjun. Tetap berpegangan erat pada akar ini, karena trek yang dilalui berbatu dan licin.

Fakta menarik dari air terjun ini adalah, memiliki tujuh tingkatan air terjun. Namun, akses yang biasa dicapai oleh pengunjung hanya sampai tingkat empat saja dengan menyusuri jalan setapak dan batuan yang sangat licin. Untuk tingkat 5 sampai 7 (puncak) sudah sangat susah untuk dilalui karena trek yang harus dilalui lumayan terjal dan sangat licin.

Fakta menarik lainnya adalah, batuan sedimen yang ada di air terjun ini juga merupakan muntahan dari letusan Gunung Toba, ratusan ribu tahun lalu.

Sembari menikmati keindahan alam Silalahi, maka mempelajari batuan sedimen ratusan tahun adalah aktivitas yang sangat tidak terlupakan tentunya. Kolam air terjun di tingkat 4 juga menambah cerita luar biasa karena kedalaman airnya mencapai 5 meter. Sangat tidak disarankan untuk berenang di kolam ini karena arusnya cukup deras dan belum terdapat alat bantu keselamatan. Ada kalanya suara gemuruh air terjun begitu kuat, karena debit air meningkat dan alirannya begitu deras.

TERKAIT  Adian Nalambok Buktikan Teduhnya Dataran Tinggi Toba

Di sekeliling air terjun ini terdapat banyak batuan yang biasa dipergunakan para pengunjung untuk duduk dan mengabadikan momen. Namun saat bro dan sista mencoba untuk duduk, tetap berhati-hati dan carilah batuan yang tidak begitu licin.

Objek wisata ini belum memiliki fasilitas umum yang memadai. Termasuk belum dilirik warga sekitar sebagai lokasi usaha pendukung kebutuhan wisatawan. Oleh sebab itu, saat bro dan sista hendak berkunjung ke sini, jangan lupa untuk menyiapkan persediaan makanan dan minuman.

Fasilitas parkir yang aman dan nyaman ada di pos kedatangan. Jadi bro dan sista tidak perlu khawatir akan keamanan kendaraan, juru parkir selalu siaga di sana. Jadi, tunggu apa lagi? Datang dan kunjungi kemegahan ciptaan Tuhan di Silalahi. Keindahannya tidak akan pernah mengecewakanmu.

 

Penulis   : Ananda Josua Siburian
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU