Dampak Gempa Bumi

Perayaan HUT Taput Berubah Jadi Doa dan Amal

BERSPONSOR

NINNA.ID – Perayaan HUT Taput berubah jadi doa dan amal, dampak gempa bumi. Perayaan hari jadi Kabupaten Tapanuli Utara Ke-77 Tahun 2022 dilaksanakan secara sederhana,

Berbagai rangkaian kegiatan yang sudah direncanakan sejak awal, seyogyanya digelar dengan meriah. Namun akibat bencana gempa bumi yang melanda wilayah Tapanuli Utara pada Sabtu (01/10/2022) dini hari, acara dirubah dengan konsep Amal dan Doa Taput Berkabung.

“Akan tetap kita lanjutkan tetapi acaranya tidak meriah lagi, hanya sekedar. Konsepnya berubah menjadi amal atau doa Taput Berkabung dan kita harapkan ada bantuan untuk membangun kerusakan-kerusakan yang terjadi seperti rumah-rumah warga”, ungkap Indra Simaremare Sekda Taput, dijumpai di Posko Utama Kantor Bupati Taput, Minggu (2/10/2022) sore hari.

Lebih lanjut Indra Simaremare menjelaskan, melihat kondisi di tangah bencana yang menimpa, pembukaan pameran yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2022 akhirnya ditunda.

BERSPONSOR

“Pameran dan hiburan rakyat kita rubah konsepnya menjadi amal. Perayaan puncak tetap di tanggal 5,”sebutnya seraya mengimbau agar masyarakat jangan larut dalam ketakutan agar dapat menjalankan hidup meski dengan kewaspadaan.

“Masyarakat tidak usah terlalu takut. Sudah bisa kembali ke rumah. Bagi yang rumahnya kondisi rusak berat kami imbau supaya tinggal di rumah keluarga dulu sambil diperbaiki rumahnya. Situasi ini memang membuat kita berkabung tetapi ekonomi juga harus berjalan. Jangan sampai ekonomi berhenti. Kalau kita lihat data dari BMKG magnitudo gempa itu sudah semakin menurun dari 6 sekarang menjadi 2,” pungkasnya.

TERKAIT  KPNN Berkolaborasi dengan PT Natabo Rangkul Petani dan Kembangkan Talas Beneng di Desa Tanjungan Samosir

Senada disampaikan Volmer M Silalahi Kepala bidang Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Tapanuli Utara bahwa secara keseluruhan rangkaian kegiatan tetap berjalan sesuai dengan rencana awal.

“Sesuai petunjuk Bupati, ada beberapa jadwal acara yang diundur namun sudah terlaksana. Dipesankan juga agar seluruh kegiatan dijadikan sebagai momentum simpatik dimana masyarakat sedang berduka terkait bencana gempa”, sebutnya dikonfirmasi melalui seluler, Senin(03/10/2022).

BERSPONSOR

Di pentas pameran perayaan HUT Taput, setiap hari selama pelaksanaan diadakan doa bersama dan penggalangan dana bagi para korban gempa.

“Termasuk pada hiburan utama yang menghadirkan Band Slank. Pihak management Slank sudah setuju, pada tanggal 5 Oktober nanti akan menjadi acara amal,” ungkapnya.

Amatan lapangan, hari kedua pasca gempa bumi yang terjadi di Tapanuli Utara, sejumlah pengunjung memadati lokasi stand yang dibangun dalam rangka perayaan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Utara ke -77 tahun 2022.

 

- Advertisement -

Penulis   : Desi
Editor      : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU