spot_img

Penatapan Sileme-leme Humbahas Lagi Naik Daun

NINNA.ID – HUMBAHAS

Penatapan Sileme-leme di Desa Parsingguran II Kecamatan Pollung Kabupaten Humbahas, adalah destinasi wisata yang sedang naik daun. Berada di ketinggian ±1500 meter di atas permukaan laut, penatapan yang eksotis ini menjadi alternatif baru untuk dikunjungi.

Dari Penatapan Simele-mele Humbahas ini, panorama indah Danau Toba tetap menjadi andalannya. Panorama dari penatapan ini tidak kalah dari Penatapan Sipinsur di Humbang Hasundutan ataupun Panatapan Tele di Kabupaten Samosir.

Penatapan Sileme-leme Humbahas sangat layak menjadi spot foto karena memiliki nilai lebih dibandingkan penatapan lainnya. Dari sini terlihat ‘fullview’  lembah Bakkara. Inilah yang tidak terlihat dari penatapan lainnya.

Penatapan Sileme-leme juga menunjukkan view Desa Tipang, Desa Bakkara, Pulau Simamora, Pulau Sirukkungon, Pulau Sibandang, bahkan Pulau Samosir.

Naturalisasi Penatapan Sileme-leme Humbahas diakui setiap wisatawan yang sudah pernah ke sana. Alamnya masih jauh dari pembangunan tangan manusia.

Penatapan Sileme-leme saat ini dalam rangka pengembangan destinasi agar menjadi kawasan pariwisata terpadu.  Dibantu juga oleh Dinas Pariwisata Humbang Hasundutan serta Dinas Pariwisata ProvinsiKepala Desa Parsingguran II, Sabar Banjarnahor.

Sepanjang perjalanan menuju destinasi wisata Humbahas ini, wisatawan akan dimanjakan dengan agrowisata.  Melewati perkebunan kopi, jeruk dan serai, waktu tempuh sepanjang 10 kilometer dari Doloksanggul itu terasa sangat singkat.

TERKAIT  5 Destinasi Wisata Menarik Wajib Dikunjungi di Lembah Bakara

Jika saat musim buah, penghunjung biasanya dapat membawa oleh-oleh jeruk dari sana. Selain masih sangat segar, harganya juga sangat terjangkau. Rasanya tak kalah manis dengan jeruk-jeruk asal daerah lain di Sumatera Utara,

Oh ya, petani serai sekitar Pentapan Simele-mele, sejak pandemi Covid-19 melanda sedikit terbantu. Tingginya permintaan serai dari berbagai daerah membuat harga serai mengalami kenaikan di tingkatan petani. Minum air rebusan serai yang menghangatkan badan, disebut mampu meningkatkan imun tubuh melawan si jahat corona.

Semoga saja, warga sekitar melirik peluang usaha minuman air serai hangat. Menikmati alam Danau Toba dari Penatapan Simele-mele Humbahas tidak lagi sebatas ditemani kopi tapi juga bisa dengan secangkir air serai hangat. Hmm, peluang bagus di kondisi yang sulit.

 

Penulis        : Joe Marbun

Editor          : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU