spot_img

Penatapan Parhallow, Menikmati Alam Ditemani Menu Ala Bule

SAMOSIR – Penatapan ini erat kaitannya dengan Hallow atau hallo, ucapan salam untuk menyapa seseorang. Menurut cerita, nama lokasi ini diambil dari kebiasaan orang-orang yang mengucapkan halo kepada satu sama lain. Dalam bahasa Batak Par artinya pelaku atau pemilik. Jadi Parhallow artinya pemilik lokasi usaha Hallow.

Lokasi Penatapan Parhallow ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Sigarantung, Kecamatan Simanindo, Samosir. Dekat dengan Hutabolon, salah satu kampung yang terdapat Rumah Batak.

Jika kamu memulai perjalanan dari Pelabuhan Tomok, kamu bisa naik terus melewati sejumlah putaran. Sekitar 30 menit, kamu akan melihat tulisan Parhallow di sebelah kiri. Ada rumah, kios dan sejumlah tempat duduk peristirahatan di sana.

Penatapan ini menarik. Dari tempat ini kita bisa menatap Parapat, Desa Horsik, dan desa lainnya. Tempat duduknya juga nyaman, dirancang untuk dapat memandang luas ke Danau Toba. Khususnya di sore hari, nikmat sekali menyeruput secangkir kopi atau teh ditemani gorengan.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, ini salah satu lokasi rest area para bule. Para bule biasanya suka mampir ke Penatapan ini. Kemungkinan besar karena pemilik usaha yaitu Leni Silalahi cakap berbahasa Inggris dan ramah terhadap para turis.

TERKAIT  Salib Kasih, Destinasi Self Healing Ampuh Hilangkan Stress

Sebelum menjalankan usaha ini, dia sudah lama berkecimpung di bidang pariwisata, bekerja di Hotel Lintong dan Toledo. Tidak heran jika dia mampu menyajikan sejumlah menu favorit para bule seperti Tacos, Pizza, Spaghetti dan menu lainnya.

Meski menyediakan menu buat para bule, harga makanan dan minuman masih terjangkau. Apalagi menu nusantara seperti indomie, gorengan, teh manis, kopi dan sebagainya.

Modal order teh manis saja kamu sudah bisa sepuasnya ambil foto di sana. Pemilik lokasi usaha juga baik hati. Beberapa kali saat penulis mampir ke sini membawa kawan, pemiliknya dengan senang hati mau bantu jepretkan foto. Tidak ada pula pungutan untuk parkir atau kamar mandi.

Di bawah Penatapan ini terdapat barisan pohon pisang dan tanaman umur pendek. Ada juga pohon pinus di sekitarnya. Menambah ragam keindahan alam yang menyenangkan mata.

Bagi kamu yang suka habiskan waktu berlama-lama memandang Danau Toba sambil makan dan minum, ini lokasi cocok buat kamu. Tapi ingat, pesan ninnA, jangan buang sampah sembarangan dan jaga sopan santun. Jadilah tamu yang baik.

 

Penulis    : Damayanti
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU