Pemprov Sumut Sediakan Mudik Gratis hingga Batasi Operasional Angkutan Barang

BERSPONSOR

Medan, NINNA.ID-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) telah mengambil langkah proaktif untuk memastikan kelancaran mudik Lebaran tahun ini.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah penyediaan angkutan mudik gratis bagi 2.555 penumpang, dengan rute tujuan meliputi beberapa kota di wilayah Sumut.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut, Dr. Agustinus Panjaitan menyampaikan hal ini dalam konferensi pers di Ruang Rapat I, Kantor Gubernur Sumut, Medan, pada Kamis 4 April 2024.

Rute yang disediakan mencakup destinasi seperti Padangsidimpuan, Panyabungan, Rantauprapat, Kota Pinang, Gunungtua, Sibolga, Barus, dan Salak.

BERSPONSOR

“Pemprov Sumut juga telah mengantisipasi gangguan transportasi dan melakukan pembatasan angkutan barang mulai 8 hingga 15 April 2024,” kata Agustinus.

Selain menyediakan angkutan gratis, Pemprov Sumut juga menyiapkan posko monitoring, pos pelayanan, pengamanan, dan pos terpadu untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik.

TERKAIT  Kominfo Luncurkan UMKM Go Online Virtual Expo 2022

Upaya ini diikuti dengan memastikan kelaikan operasional moda transportasi serta kesiapan simpul transportasi di berbagai titik strategis.

Agustinus juga mengimbau masyarakat untuk melakukan perencanaan perjalanan dengan baik, menghindari puncak arus mudik dengan berangkat lebih awal.

BERSPONSOR

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 6 hingga 8 April 2024, sementara arus balik diperkirakan pada 14 April 2024.

fenomena mudik lebaran indonesia
foto sekadar ilustrasi

“Kami mengajak masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas, memastikan kesiapan kendaraan, serta berprilaku tertib di jalan. Ini merupakan langkah-langkah preventif demi menjaga keselamatan dan kenyamanan seluruh pemudik,” tambahnya.

Dalam konferensi pers tersebut, Agustinus didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas Sitorus, yang turut menekankan pentingnya keselamatan dan ketertiban selama perjalanan.

Penulis: Gugun
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU