Pelatihan Teknis Produksi dan Standarisasi Pengolahan Gambir

BERSPONSOR

PAKPAK BHARAT – Sebanyak tiga puluh peserta dari Sentra IKM Pengolahan Gambir Desa Kaban Tengah mengikuti Pelatihan Teknis Produksi Dan Standarisasi Gambir selama enam hari di Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe.

Kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan mendatangkan beberapa instruktur dan tenaga ahli pengolahan gambir sebagai narasumber dan pelatih dalam kegiatan ini.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Elhidayat Berutu mewakili Bupati Pakpak Bharat, Jumat (11/11/2022).

Dalam sambutannya, Elhidayat Berutu menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan guna meningkatkan Produktifitas IKM Pengolahan Gambir di Kabupaten Pakpak Bharat.

BERSPONSOR

“Tujuan utama kita adalah membantu serta mendorong peningkatan produktivitas Gambir khususnya di Desa Kaban Tengah ini, yang kita harapkan menjadi salah satu sentra produksi gambir.

Kami harapkan para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang didapat di lingkungan usaha gambir masing-masing,” pesan Elhidayat Berutu.

TERKAIT  Bappelitbangda Toba Gelar Konsultasi Publik RKPD 2024

Salah seorang peserta sempat mengungkapkan pengalamannya mengikuti pelatihan ini. Menurut dia, ada sedikit perbedaan tentang tata cara mengolah gambir mulai dari memanen, memasak sampai menjemur produk gambir.

“Ada perbedaan memang dalam hal pengolahan daun gambir ini. Di sini kami diajari untuk lebih mengerti teknik dan cara mengelola gambir yang lebih baik, efisien, serta lebih menguntungkan,” ucap dia.

BERSPONSOR

Selama ini, gambir di Pakpak Bharat telah diproduksi hingga memiliki nilai ekonomi lebih. Jika dahulu getah gambir hanya untuk keperluan tradisi orang tua untuk tambahan siri, beberapa tahun ini gambir telah diproduksi dalam berbagai manfaat.

Saat ini, dari Pakpak Bharat telah ada teh herbal daun gambir yang kaya manfaat. Selain itu, getah gambir telah juga diproduksi untuk keperluan tinta pemilu.

Penulis : Lastro Banurea
Editor   : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU