Pasar Tomok, Lokasi Berburu Souvenir di Samosir

BERSPONSOR

SAMOSIR – Bro dan Sista yang sering traveling ke Samosir pasti sudah tidak asing dengan Pasar Tomok. Buat kamu yang untuk pertama kalinya berencana traveling ke Samosir, Pasar Tomok merupakan salah satu pusat souvenir di Samosir.

Pasar ini persis berada dekat dengan Pelabuhan Tomok. Begitu kamu turun pakai kapal kecil yang dikhususkan untuk wisatawan, kamu akan berhenti di Pasar Tomok. Kamu akan melihat kios-kios souvenir berjejeran hingga menuju ke atas, lokasi patung kayu menari Sigale-gale.

Kerajinan tangan mulai dari gantungan kunci hingga miniatur Rumah Batak dijual di sini. Topi, tas hingga pakaian bermotif ulos dan berlogokan Danau Toba sangat mudah kamu jumpai di sini. Makanya para wisatawan sering singgah ke pasar ini untuk membeli oleh-oleh.

Pasar Tomok
Sepasang suami istri membeli pakaian di Pasar Souvenir di Tomok (foto: Damayanti)

Soal harga? Kamu bisa pintar-pintar menawar kepada penjual. Biasanya penjualnya adalah wanita, khususnya Inang-Inang Batak. Untuk mendapat tawaran terbaik, kamu bisa memanfaatkan kosakata Batak yang kamu tahu untuk membujuk hati penjual.

BERSPONSOR

Jika kamu diminta teman untuk bawa oleh-oleh dari Samosir, hadiah apa cocoknya yang kamu bisa bawa?

Ninna punya rekomendasi untukmu. Jika waktu tempuh mu kembali singkat, hanya menghabiskan waktu 1 hari, kamu bisa beli Mangga Samosir, Alpukat, Pisang Toba dan buah-buahan khas daerah Samosir. Kamu bisa belinya di Pasar Tomok.

pasar tomok
PasarnTomok

Bila waktu tempuh mu kembali lebih dari 1 hari, kamu bisa bawa kuliner seperti Kacang Sihobuk atau Kacang Rondam, Kopi Bubuk, dan aneka jenis produk hilirisasi lainnya yang menjadi ciri khas Samosir. Kamu bisa belinya di toko oleh-oleh yang ada di sejumlah lokasi di Samosir.

TERKAIT  Air Terjun Sipiso-piso, Ikon Wisata Tanah Karo

Jika kamu kurang suka membeli hadiah berupa jajanan, kamu bisa beli kerajinan tangan yang diproduksi masyarakat setempat yang ada di Pasar Tomok.

BERSPONSOR

Sabtu Pekan di Tomok

Sabtu merupakan hari pekan di Tomok. Hari pekan memaksudkan hari di mana para pedagang akan memadati pasar untuk berjualan dan masyarakat berbelanja. Di hari lain para pedagang tidak begitu memadati pasar karena biasanya paling ramai adalah di hari pekan.

Dulu, orang-orang menyepakati kapan hari pekan di suatu daerah. Akibat akses jalan yang sulit dan kendaraan juga tidak sebanyak sekarang, masyarakat hanya akan berbelanja satu kali dalam seminggu.

Para petani pun demikian. Mereka akan menjual hasil pertanian mereka sekali seminggu kepada toke di pasar.

- Advertisement -

Maka, jika oleh-oleh yang kamu lirik berupa hasil pertanian dari Samosir, belilah pada hari pekan yakni Sabtu. Sebaliknya, kamu bisa bebas datang kapan saja ke Pasar Tomok.

Sebab, sejak Pasar Tomok dijadikan Pusat Souvenir, pasar ini buka tiap hari. Dari Senin-Minggu. Namun, biasanya akan efektif buka dari jam 10 pagi hingga jam 5 atau 6 sore.

Bila kamu ingin sekalian melihat Rumah Batak, Patung Sigale-gale, makam Raja Sidabutar, itu sudah tidak jauh lagi dari Pasar Tomok.

Kamu bisa tanya petunjuk arah kepada warga atau penjaga kios souvenir arah menuju Patung Sigale-gale dan makam Raja Sidabutar. Selamat berbelanja!

Penulis   : Damayanti Sinaga
Editor      : Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU