spot_img

Pantai Raya Tigaras, Digemari karena Landai dan Bersih

SIMALUNGUN – Pantai yang satu ini sudah lama dibuka di Tigaras. Populer dengan spot-spot foto dan pantainya yang landai. Tidak hanya pantai, tersedia pula penginapan bagi para pengunjung. Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Pardamean, Tigaras Kabupaten Simalungun. Di sekitar pantai ini, ada beberapa pantai lain juga yang saling berdekatan.

Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan pantai ini karena berada di pinggir jalan. Di jalan besar terpampang tulisan Pantai Raya. Kamu juga bisa cek lokasi pantai ini dengan Google Maps. Pantai ini juga tidak jauh dari Bukit Indah Simarjarunjung (BIS). Jika kamu hendak touring ke BIS, kamu bisa sekalian main ke pantai ini.

Bagi yang sering kemari pasti tahu serunya jalan melewati daerah ini. Jalan menuju lokasi ini bagus. Sepanjang kamu menuju pantai ini, kamu akan disuguhkan pemandangan Danau Toba yang menawan. Namun, kamu harus melewati jalanan yang naik atau turun dengan tikungan tajam, melewati bukit yang melekuk. Jika jalanan sepi, kamu bisa sesekali turun dari kendaraanmu untuk ambil foto.

Saat berkunjung, kami sempat ngobrol dengan pemilik pantai bernama Monang Simanjorang. Ia mempekerjakan penduduk setempat untuk mengelola pantai. Di hari-hari libur, ada begitu banyak wisatawan berkunjung ke sini. Awalnya Monang hanya membuka pantai sebagai tempat rekreasi dan permandian. Belakangan, ia membangun penginapan di sekitar pantai tersebut.

TERKAIT  Kolam Renang Bukit Gibeon, Serasa Bermain di Sungai

Tidak ada tarif masuk untuk ke sini. Artinya bebas masuk tanpa ada kutipan. Parkir sepeda motor Rp5 ribu, mobil Rp10 ribu. Banana boat Rp200 ribu untuk delapan orang. Tarif termurah untuk penginapan Rp 200ribu per kamar. Tapi bisa jadi tarif ini berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.

Sebagaimana pantai lainnya, pantai ini juga menyewakan berbagai fasilitas untuk menikmati bermain di air seperti ban, pelampung, sepeda dayung, dan lainnya.

Satu yang membuat ramai pantai ini, ada banyak pedagang keliling di sekitarnya. Wisatawan bebas memilih makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Sewaktu kami main ke sini, pantai ini bersih, dangkal, dan aman buat anak-anak. Namun, semakin jauh dari tepi pantai, akan semakin dalam. Jadi, buat kamu yang belum bisa berenang, jangan main terlalu ke dalam danau. Satu lagi, jangan buah sampah sembarangan.

 

Penulis   : Damayanti Sinaga
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU