spot_img

Pantai Pakkodian, Tempat Memancing Hingga Relaksasi

NINNA.ID – TOBA

Pantai Pakkodia di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba saat ini menjadi salah satu tempat yang mengasyikkan bagi pengunjung. Banyak kegiatan bisa dinikmati di tempat ini mulai bersantai bersama keluarga atau kekasih, memancing, diving dan menjadi ruang relaksasi.

Banyaknya bebatuan alam di sekitar pantai, menjadi salah satu daya tarik penikmat kegiatan memancing di sana. Letaknya memanjang, para pemancing bebas membuat jarak. Airnya yang jernih, membuat ikan terlihat jelas hilir mudik di dalam air.

Jika memancing sudah hal terbiasa, di sana mulai terlihat aktivitas diving atau menyelam dilakukan anak-anak muda. Walau tanpa alat bantu pernafasan seperti tabung oksigen, mereka terlihat asik menikmati kegiatan ikan-ikan yang sedang mencari makan di dasar danau yang penuh bebatuan itu.

Pantai Pakkodian yang jauh dari kebisingan, semakin memberikan nuansa alami dengan kehadiran suara jangkrik dan hempasan air Danau Toba. Kehinangan tempat itu sangat cocok untuk relaksasi pikiran yang sumpek dari perkotaan.

Kawasan ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Balige. Untuk menempuh kawasan ini, pengunjung bisa mengendarai sepeda motor dan mobil. Namun, mayoritas pengunjung lokal lebih memilih menggunakan sepeda motor karena lebih simpel.

Sebelum tiba di lokasi dari pusat Kota Balige, para pengunjung biasanya menyempatkan waktu sejenak ke Bukit Singgolom untuk memandang danau dari ketinggian. Dari bukit itu, Pantai Pakkodian juga telihat dengan jelas.

TERKAIT  "Kepingan Surga" Tersembunyi di Kawasan Danau Toba

Setibanya di Pantai Pakkodian, pengunjung akan diarahkan untuk memarkirkan kendaraan. Lalu, pengunjung berjalan sekitar 100 meter ke pinggiran Danau Toba hingga sampai pada tempat yang diinginkan.

Batuan alam sudah menanti dan dari atas batu ini, dengan jelas terlihat ikan-ikan berenang sibuk mencari makan. Biasa juga terlihat keluarga yang datang dengan bekalnya, menikmati dari atas batu itu dan membagi remah-remahnya untuk ikan.

Seorang pengunjung Rasyid Pardede (34) yang juga pecinta alam menjelaskan bahwa dirinya tidak bosan ke tempat tersebut untuk mencari ikan dan bersantai. Apalagi kebersihannya masih terjaga.

“Biasanya kita mengambil ikan di sini dan setelah kita ambil, kita panggang juga di sini. Inilah kegiatan di hari libur setelah sepekan bekerja,” ujar Rasyid Pardede saat berada di lokasi tersebut, baru-baru ini.

Baginya, tempat itu juga dijadikan sebagai ruang inspirasi. Setelah dari tempat ini, ia biasanya merasa agar untuk menyusun rencana kerjanya ke depan. Ketenangan dan keteduhan tempat itu membuat tubuh dan pikirannya segar.

 

Penulis : Stiruam
Editor : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU