spot_img

Pantai Lumban Bulbul Siap Menggoda Wisatawan

TOBA – Pantai Lumban Bulbul yang berada di Desa Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, merupakan salah satu pantai yang cukup ramai dikunjungi sebelum masa pandemi Covid-19. Pantainya begitu landai dengan pasir yang putih bersih, membuat anak-anak pun nyaman bermain di pantai ini.

Di pantai yang membentang sejauh hampir satu kilometer ini, tersedia berbagai fasilitas atau wahana khas pantai pada umumnya.

Hamparan pasir yang cukup luas di tepi pantai cukup nyaman untuk tempat bermain bagi anak-anak. Keseruan anak-anak bercampur  rasa kesal terlihat manakala deburan ombak kadang menghempas, hingga merobohkan patung pasir yang baru selesai dibuat mereka.

Pantai Lumban Bulbul
Pantai Lumban Bulbul di Kecamatan Balige, landai dan berpasir putih ramai dikunjungi.(Foto:asmon)

Tak kalah seru, para pengunjung remaja di pantai ini juga suka menyewa banana boat. Saat tertentu, banana boat itu sengaja dibuat berbelok mendadak  sampai terbalik, sehingga penumpang yang sudah dilengkapi pelampung itu berteriak histeris lalu tercebur ke danau.

Jika pengunjung ingin berpetualang ke tengah danau di pantai ini tersedia kapal kecil atau speed boat. Yang hobby berolah raga air, mendayung kano menjadi salah satu pilihan, baik secara individu maupun kelompok.

Puas menikmati segala fasilitas di dalam danau, sembari menghangatkan badan dengan sinar matahari selepas bermain dalam air, kini saatnya pengunjung digoda untuk mencoba motor ATV (All Terrain Vehicle). Kendaraan ini mirip sepeda motor, namun memiliki empat roda. Tersedia motor untuk ukuran anak-anak dan dewasa. Memakai kendaraan ini bebas berlalu lalang di sepanjang hamparan pasir di pinggiran danau. Jika benar-benar sudah lelah maka merebahkan tubuh di atas tikar pada pondok terbuka yang disediakan oleh para pengelola menjadi pilihan.

TERKAIT  Pesona Keindahan Bukit Sibeabea Dari Angkasa

Seperti tempat wisata pada umumnya, sepanjang Pantai Lumban Bulbul juga tersedia wahana selfie dengan aneka bentuk. Semua fasilitas di atas disewakan dengan harga yang relativ murah.

Alam seakan tak mau kalah, setelah puas menikmati segala fasilitas yang tersedia, kali ini senja di Pantai Lumban Bulbul menawarkan momen indah. Di saat cuaca mendukung, dari ufuk Barat, cahaya sunset menyuguhkan panorama yang menenangkan. Langkah pulang terhenti, saat momen itu.

Kini pengelola  Pantai Lumban Bulbul sudah siap menunggu wisatawan kembali berkunjung, setelah pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi sudah dibuka kembali oleh pemerintah. Pantai ini dapat ditempuh selama 4-5 jam perjalanan dari Medan atau 30 menit dari Bandara Silangit.

 

Penulis   : Asmon Pardede
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU