spot_img

Pantai Bulbul Balige, Beragam Aktivitas di Darat dan Air

NINNA.ID – TOBA

Balige, sebagai Ibu Kota Kabupaten Toba di kawasan super prioritas unggulan Danau Toba semakin banyak memiliki destinasi wisata. Salah satu alternatif baru tujuan wisata di sana, pantai Bulbul, yang selalu ramai terlebih saat hari libur.

Memiliki pantai berpasir putih yang relatif luas, pantai Bulbul menawarkan beragam kegiatan aktivitas yang bisa dipilih pengunjung.  Nuansa baru terasa dibandingkan dengan pantai lain di Danau Toba.

Pondok-pondok yang diatur apik tanpa menutup view ke arah danau, menjadi tempat berteduh wisatawan yang umumnya datang besama keluarga.

Anak-anak yang suka bermain pasir, bebas menuangkan kreatifitasnya di pantai ini. Sementara untuk anak usia remaja, ada wahana untuk kendaraan All Terrain Vechile, ya itu sepeda motor dengan 4 roda. Orang tua, terlihat asik berleyeh-leyeh menghabiskan hari.

Bila pengunjung ingin seru-seruan di air, di kawasan tersebut juga disediakan perahu kecil, kano, dan pelampung karet sebagai alat bantu berenang.

Bagi pengunjung yang relatif dewasa, banana boat jadi pilihan untuk menikmati kesegaran dan keindahan Danau Toba, sekaligus melepas adrenalin. Dengan demikian, mulai dari anak-anak hingga dewasa dapat menikmati keindahan Danau Toba dengan beragam aktivitas yang sesuai.

Tak perlu khawaatir, anak-anak hanya dapat berenang hingga batas yang sudah ditentukan. Artinya, garis pantai tersebut sudah dibatasi, sehingga orang tua tak perlu panik.

Untuk ketersediaan makanan dan minuman di kawasan tersebut, termasuk sudah beragam. Para pengunjung pun terasa nyaman dan dimanjakan. Ini juga yang membuat pengunjung tak ingin berpindah dari lokasi itu sampai petang.

TERKAIT  Menikmati Sepi di Pantai Sibolahotang

Hanya berjarak 300 hingga 500 meter dari kota Balige, banyak pengujung lokal memilih berjalan dari ke pantai Bulbul daripada menggunakan kendaraan. Apalagi dengan adanya jogging track di sekitar  pantai Bulbul, pengunjung bisa menyempatkan waktu olah raga dan meregangkan otot bagian bawah.

Aneka ragam permainan di pantai Bulbul Balige.(Foto/Stiruam)

Kurang puas hanya di sekitar pantai, ada juga perahu atau kapal kayu yang bisa disewa untuk membawa pengunjung menikmati Danau Toba dan memandang keindahannya lebih luas lagi. Dengan perahu itu, beberapa kawasan bisa juga dijangkau.

Seorang wisatawan lokal, Alex Siagian (30) mengatakan, dirinya tak harus jauh untuk berlibur. Ia lebih memilih kawasan  Bulbul sebagai tujuan wisata.

“Kita enggak perlu jauh hingga ke Bali hanya untuk menikmati keindahan pantai. Ini pun sudah lebih dari cukup. Viewnya di sini membuat kawasan ini dirindukan  para pengunjung,” ujarnya kepada NINNA.

Keindahan kawasan super prioritas unggulan Danau Toba memang tak diragukan lagi, namun ia berharap souvenir  ala khas Batak Toba semakin dikembangkan agar pengunjung semakin mengenal tradisional Batak Toba.

“Setiap pengunjung bukan sebatas melihat Danau Toba lagi, mereka juga ingin menikmati nuansa adat Batak Toba. Inilah yang harus dikembangkan,” sambungnya.

Hingga matahari terbenam, ia bersama keluarga terlihat menikmati suguhan pemandangan indah Danau Toba dari kawasan Pantai Bulbul tersebut.

Penulis : Stiruam

Editor    : Mahadi Sitanggang

 

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU