spot_img

Pantai Agadon, Saling Menghias dengan Persawahan Terasering

NINNA.ID – TOBA

Pantai Agadon merupakan garis pantai yang berdampingan dengan sawah terasering, di kaki bukit barisan. Pantai  yang berada di perbatasan Desa Sibaruang Kecamatan Lumbanjulu dan Desa Sampuara Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara ini dapat ditempuh dari Balige dengan jalan darat.

Dari Balige, jalur yang ditempuh ke Lumbanjulu via Desa Jangga Dolok atau via Jangga Toruan dengan waktu tempuh lebih kurang 90 menit. Pemandangan alam yang masih asri menjadi penyejuk mata selama melintasi Jangga. Beberapa rumah tradisional Batak yang masih terjaga dengan baik, menambah kesan originalitas tempat itu.

Selain dikenal dengan Agadon, pantai ini juga sering disebut dengan nama Gopgopan. Ternyata, pantai ini diapit oleh dua kampung beda desa yaitu Kampung Agadon di Desa Sibaruang  dan Gopgopan di Desa Sampuara. Sedangkan persawahan terasering di situ dinamai Atehe.

Infrastruktur jalan dari lokasi Jangga sudah lumayan bagus, dan selama perjalanan dari Jangga sampai ke daerah Pulopulo, panorama persawahan yang sangat teratur dan bukit-bukit masih menemani. Jika waktunya tepat, kegembiraan anak-anak sekitar menggembalakan kerbau bisa menjadi objek foto yang sangat ikonik.

Dari daerah Pulopulo dengan jalan menurun, pantai Agadon sudah mulai terlihat. Saat menuruni jalan ini memang perlu ekstra hati-hati. Tikungan di ruas jalan yang belum diaspal, dilapis batu padas di sana cukup memacu adrenalin.

TERKAIT  Penatapan Sisunut, Runut Menjajakan Karya Alam

Setibanya di lokasi, rasa lelah selama perjalanan terbayarkan oleh pantai asri nan landai serta keramahan penduduk sekitar. Jika beruntung, bisa bertemu dengan nelayan dengan tangkapan ikan mujahir dan lobster. Bila tangkapannya lumayan banyak, mereka dengan senang menjualnya kepada pengunjung.

Puas dengan suasana pantai dan persawahan terasering, saatnya memandang landscape Danau Toba. Dari pantai Agadon ini ada jalan setapak mendaki yang biasa digunakan warga sekitar menuju perkampung yang berada di atas bukit. Dari bukit inilah landscape Danau Toba terlihat sangat menakjubkan ke segala penjuru. Kota Balige sejauh 40 kilometer dan pulau Samosir terlihat sangat jelas dari lokasi ini.

Sebelum pandemi Covid-19, sejumlah pengunjung memilih bersepeda ke pantai Agadon. Tentunya, mereka harus mencarter kapal untuk mengangkut sepeda.

Ramai-ramai gowes, beberapa tempat yang bisa dituju di wilayah Situmurun – Uluan Block di antaranya, Air Terjun Situmurun, Air Terjun Bidadari, Pantai Siregar Aeknalas dan beberapa tempat lain. Sambutan positif desa setempat menyambut wisatawan ke daerah ini terlihat dengan adanya pembuatan gorong-gorong dan rabat beton, menggunakan anggaran dana desa.

Sekali waktu, pernah rombongan pesepeda dari Tiongkok berkunjung ke tempat ini. Panorama di sana membuat mereka tercengang, tidak kalah menarik dengan sawah terasering di negeri mereka yang sudah menjadi situs warisan dunia.

Penulis           : Asmon Pardede

Editor             : Mahadi Sitanggang

 

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU