spot_img

Pantai Aek Batu yang Baru dari Sipolha

SIMALUNGUN – Aek artinya air. Pantai Aek Batu artinya Pantai Air Batu. Filosofi nama pantai ini diangkat dari kisah Muller Damanik putra Sipolha, mendiang Jenderal Polisi yang meletakkan batu-batu besar penahan ombak di pantai ini.

“Dulu, di pantai ini almarhum bapak saya menaruh batu-batu besar untuk menahan ombak. Itulah dasarnya saya beri nama pantai ini, ” kata Ronald Damanik mengisahkan ide penamaan pantai ini.

Pantai ini bersih, tidak dalam, dan dipasang tali pagar pembatas sebagai penanda keamanan. Dari sini kita bisa melihat Desa Ambarita di seberang. Di kiri kanan pantai ini banyak pepohonan berbuah. Ada mangga, kueni, kemiri dan lainnya. Pantai ini sejuk berkat lebatnya pepohonan tersebut.

Pantai ini telah beroperasi Januari 2022. Dibangun pada Juni 2021. Pada Lebaran tahun ini, pengunjung sangat ramai, menyentuh di angka 200 orang per hari.

Berdasarkan catatan pengelola, rata-rata pengungung berasal dari Tebing, Aceh, Siantar dan daerah lainnya.

Rombongan Campervan hampir tiap akhir pekan berkunjung. Saking seringnya, pemilik menyediakan base camp khusus buat Rombongan Campervan.

Tidak diberlakukan tarif pengunjung per orangan. Tarif parkir sepeda motor Rp 10 ribu, mobil Rp 25 ribu. Sewa gazebo 30 ribu muat 6 orang. Tersedia kamar ganti gratis. Ada kantin menyediakan makanan dan minuman. Ada warung yang akan menyediakan makanan rumahan atau homemade.

TERKAIT  Homestay Mrw Situngkir, Serasa Menginap di Rumah Leluhur

Pemilik Pantai Batu Aek juga menyediakan Aula yang dapat memuat puluhan orang. Sewa Aula Smirna per hari Rp1 juta. Sewa Aula dilengkapi speaker Rp 1,5 juta. Sewa ini sudah termasuk 100 kursi buat tetamu.

Ronald mengatakan berencana untuk meresmikan Pantai Batu Aek pada 3 Juli 2022. Acara peresmian ini diharapkan akan dihadiri oleh Camat Sidamanik, Kapolsek Sidamanik, Danramil Sidamanik beserta warga setempat.

Jika bro dan sista ingin melihat keindahan pantai ini, bro dan sista bisa mengecek lewat Google Map. Alamat lokasi di Huta Tiga Kelurahan Sipolha, Kecamatan Pematang Sidamanik, Simalungun.

Untuk ke sini, bagi kamu yang berasal dari Siantar dapat mengakses dari Pematang Sidamanik-Sait Buntu-Simpang Tiga Gorbus ambil kiri lurus. Dari Gorbus sekitar 13 kilometer lagi kamu akan melihat pamflet Pantai Aek Bantu di sebelah kanan. Sekitar 1,5 kilometer masuk ke dalam untuk kamu sampai di Pantai Batu Aek.

 

Penulis  : Damayanti Sinaga
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU