spot_img

Panorama Tanjungan Bikin Kamu Jatuh Hati

SAMOSIR – Sepotong foto mewakili sejuta makna. Kiasan pentingnya foto itu begitu populer. Sehingga, demi sepotong foto yang cantik, banyak orang rela menghabiskan sejumlah duit. Tapi, di Pulau Samosir tidak perlu merogoh dalam-dalam sakumu. Di pulau ini, hampir di tiap jengkal tanah kita berdiri, adalah panorama yang indah dan tidak perlu membayar, seperti panorama atau lebih akrab dikenal dengan Pemandangan Tanjungan.

Untuk berfoto di sini, kamu tak perlu bayar mahal. Sebab, pemilik lokasi yang keren ini tak memasang tarif mahal.

Pengalamanku beberapa kali mampir ke tempat ini, nyaris tidak pernah diminta biaya sama sekali. Kalaupun pernah, hanya untuk parkir sepeda motor. Pemilik lokasi spot wisata ini pun ramah. Dia punya kedai atau warung juga di sana.

Pemandangan Tanjungan pasti bikin kamu jatuh hati. Kamu pasti gak menyesal mampir ke sini untuk melihat pemandangan Danau Toba. Pemandangan Tanjungan berhadapan dengan Desa Sigapiton dan Desa Sirungkungon di Kabupaten Toba.

Danau Toba yang kata Wikipedia panjangnya 90 kilometer dan lebarnya 30 kilometer sungguh memikat dari sini. Bukan hanya perairannya saja yang memikat mata. Sekeliling Danau juga bikin kita jatuh hati. Danau ini dikeliling oleh puncak-puncak gunung dan bukit yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan.

TERKAIT  Ini 5 Destinasi Wisata Dairi yang Hits Banget

Ingat, jika kamu melewati Tomok menuju Nainggolan, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mampir ke Tanjungan, sekadar untuk menatap indahnya pemandangan.

Hembusan angin di situ bakal bikin kakimu tidak ingin beranjak dari sana. Suasana hatimu yang galau pun mungkin bisa lebih baik setelah memandangi Danau Toba. Kalau kamu mau lebih lama, kamu bisa nikmati makanan dan minuman di situ.

Lokasi Tanjungan itu tidak jauh dari Aek Natonang. Jika kamu berhenti atau memulai perjalananmu di Pelabuhan Tomok, kamu bisa ambil rute kiri menuju Huta Bolon atau Air Terjun Sigarantung. Naik terus kira-kira satu jam menuju puncak, kamu bisa bertanya kepada masyarakat setempat di mana Tanjungan.

Masyarakat biasanya baik hati akan menjelaskan ke kamu. Bila perlu, kamu tahu sapaan agar kamu dapat akrab dengan warga setempat. Kamu bisa menyapa seorang pria dengan sapaan begini, “Horas Amang”. Jika dia seorang wanita, “Horas Inang”. Lalu kamu bisa tanya di mana lokasi Tanjungan. Selamat menikmati pemandangan Tanjungan ya. Jangan lupa jaga sopan santun dan jangan buang sampah sembarangan. Be a good guest guys!

 

Penulis    : Damayanti
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU