Panatapan Sinapuran Simanindo Suguhkan Lanskap Danau Toba dan Deretan Rumah Batak

BERSPONSOR

Samosir, NINNA.ID-Panatapan yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan bagi Sobat yang ingin memandang Danau Toba dari ketinggian. Panatapan Sinapuran Simanindo menyuguhkan lanskap pesisir Danau Toba dan deretan Rumah Batak.

Bagi Sobat yang masuk ke Samosir melalui Pintu Pelabuhan Simanindo, Sobat bisa singgah kesini sejenak untuk rileks. Jalan kesini mulus. Sobat bisa melihat petunjuk arah dari jalan besar.

Panapatan Sinapuran Simanindo10
Pemandangan Danau Toba secara luas yang bisa dilihati dari Panatapan Sinapuran Simanindo (foto: Damayanti)

Di sebelah kiri jika kita dari arah Tomok. Sebelah kanan jika kita datang dari arah Pangururan.

Panatapan Sinapuran Simanindo juga dikenal dengan sebutan Menara Pandang Simanindo atau Menara Pandang Dugul Sinapuran.

BERSPONSOR

Dari Pelabuhan Simanindo menuju Panatapan ini hanya berkisar 5-10 menit. Berdasarkan informasi dari masyarakat, Menara Pandang ini didirikan oleh Marga Manihuruk. Dibangun pada 2017.

Tidak ada tiket masuk ke Panatapan Sinapuran Simanindo ini. Saat Ninna singgah kemari, menara ini didatangi oleh anak muda berkendaraan. Akan tetapi, tidak ada tiket masuk dan tidak ada penjaga.

Menara ini terdiri dari 2 lantai. Bagian atas difungsikan sebagai balkon.

Panatapan Sinapuran Simanindo
Pondok-pondok di Panatapan Sinapuran Simanindo (foto: Damayanti)

Tampak di sebelah kiri bangunan ada deretan pondok yang baru dibangun dan belum rampung. Ke depan pemandangan Danau Toba. Di belakang deretan Rumah Batak.

BERSPONSOR
Panatapan Sinapuran Simanindo
Deretan Rumah Batak yang terlihat dari Panatapan Sinapuran Simanindo (foto: Damayanti)

Terdapat juga deretan perladangan masyarakat sekitar.

Panatapan ini terletak di Desa Simanindo, Kecamatan Simanindo, Sinapuran, Samosir.

Tidak jauh dari panatapan ini kita bisa melihat spot-spot maupun destinasi wisata lainnya seperti Huta Langat, Pantai Langat, dan lainnya.

TERKAIT  Link Nonton Film Alif Lam Mim Full Movie HD, Cek Link Ini Untuk Menonton!

Pemandangan dari puncak ini spektakuler. Bagi mereka yang baru pertama kali menginjakkan kaki ke Danau Toba pasti berdecak kagum akan pemandangan Danau Toba yang begitu indah.

- Advertisement -

Sobat akan takjub memandang Danau Toba yang dikeliling oleh Pegunungan Bukit Barisan tampak harmonis menyatu.

Bro dan sista pasti ingin menempuh akses terbaik dan tercepat menuju Samosir dari Medan.

Jika dulu akses terbaik adalah dari Jalur Pelabuhan Tigaraja-TukTuk atau Pelabuhan Ajibata-Tomok, kini Jalur Pelabuhan Tigaras-Simanindo menambah daftar akses.

Jika dulu, para pengguna kendaraan menghindari rute ini akibat jalan tidak mulus, sekarang bahkan Sampri dan Parisma telah buka trayek dari Medan menuju Samosir melewati Pelabuhan Tigaras.

Dari jalur ini juga para wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah melewati Kebun Teh Sidamanik, pemandangan di puncak gunung sepanjang Tigaras, pemandangan di sepanjang Tigaras.

Jalur ini benar-benar jalur terbaik buat para pencinta fotografi. Khususnya di sepanjang Tigaras ada spot view keren yang menyejukkan mata.

Setelah tiba di Pelabuhan Simanindo, ada begitu banyak penginapan, hotel, dan homestay. Para travellers tidak sulit untuk menemukan homestay terjangkau. Sudah pasti jika tiba di Pelabuhan Simanindo, Sobat bisa segera menginjakkan kaki ke Panapatan Sinapuran.

Penulis : Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU