spot_img

Panatapan Simarjarunjung Indah di Jalur Sejuta Pesona

NINNA.ID – Sudah tahukan kalau di Sumatera Utara itu ada jalan sejuta pesona? Disebut demikian karena sepanjang jalan ini, kita akan disuguhi panorama alam yang tiada putusnya.

Danau Toba beserta Pulau Samosir yang sudah terkenal itu terlihat jelas dari jalan ini. Jalan sejuta pesona itu tidak lain adalah rute Parapat–Tiga Runggu–Seribudolok–Kabanjahe–Berastagi–Medan dan sebaliknya.

Walau disebut sepanjang perjalanan, tapi menikmatinya tidak juga harus dalam keadaan berjalan dalam kendaraan. Jika dilakukan demikian, sayang sekali. Pasti banyak hal kecil terlewatkan, padahal justru itu sebagai pembedanya dari pantapan di daerah lain.

Inilah yang mungkin sudah diperhitungkan, sehingga dibangunlah satu kawasan yang disebut Panatapan Simarjarunjung. Berhenti sejenak di kawasan akan menambah keseruan melintasi rute yang disebutkan tadi. Kawasan ini viral dengan berbagai wahana fotonya dengan latar Danau Toba.

Ada beberapa tempat istirahat yang tersedia di sini. Dua di antaranya: Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) ada Panatapan Simarjarunjung Indah (PSI), sebanding untuk dijadikan persinggahan.

Kedua lokasi ini, terlebih Panatapan Simarjarunjung Indah (PSI), ini tidak berapa jauh dari Puncak Simarjarunjung. Tepatnya nya berada dipinggir  Jalan Simarjarunjung, Tiga Runggu, Purba, Kabupaten Simalungun.

Lokasi parkirnya lumayan luas. Bisa menampung puluhan kendaraan roda empat dan tentunya roda dua dan tidak dipungut biaya parkir.

Berada di ketinggian, suhu udara di sini cukup dingin,  sehingga disarankan untuk mengenakan jaket.

Bentang alam Danau Toba terlihat begitu memesona dari tempat ini. Pulau Samosir saja seolah sepelemparan batu jaraknya.

Pulau-pulau kecil di daerah Simanindo, Tao Silalahi, Gunung Pusuk Buhit bahkan kapal-kapal yang sedang berlayar di danau, terlihat sangat jelas.

TERKAIT  Sibarabara, Wisata Sawah dengan Pulau Kura-kura

Sebagai mana tempat wisata kekinian, Panatapan Simarjarunjung Indah ini juga dilengkapi dengan beberapa wahana poto. Selain itu, tersedia juga sepeda gantung.

Khusus wahana foto dan beberapa fasilitas lainnya, memang sudah dikenakan biaya atau jasa sewa, namun harganya relatif terjangkau.

Berada di daerah dingin, tentu saja membuat perut butuh kehangatan. Bro dan sista tak perlu panik. Kedai di Panatapan Simarjarunjung Indah ini menyediakan menu dengan rasa yang disesuaikan dengan cuaca dingin.

Di sini tersedia ayam penyet, ayam bakar, ikan goreng, ikan bakar, beserta aneka minuman ringan.

Soal harga, tak perlu khawatir, semua harga makanan dan minuman di tempat ini, cukup terjangkau.

Harga yang sangat bersahabat ke kantong itu, membuat Warleston, mengaku setiap bulan lintas dan selalu memilih tempat ini untuk istirahat.

Jadi bagi bro dan sista yang ingin bepergian ke Kota Medan dari Kawasan Tapanuli atau sebaliknya boleh memilih jalur ini. Selain karena memiliki panorama alam yang indah dengan beberapa tempat istirahat yang ada disepanjang jalan, juga agar kamu terhindar dari macet.

Kepada bro dan sista, saat mengemudi di sepanjang jalur ini, harus ekstra hati-hati ya. Jalur itu, memiliki banyak tekongan walau kondisi badan jalan sangat baik. Bagi sebagian traveler, malah jalanan berkelok membuat perjalana semakin mengasyikkan.

 

Penulis   : Asmon Pardede
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU