Paket Wisata 3 Hari Dua Malam di Tiga Kabupaten Ala Bupati Radiapoh Sinaga Konsep Ajak Wisatawan Domestik Berlibur di Danau Toba, Habiskan Uang di Negeri Sendiri

BERSPONSOR

NINNA.ID-Paket wisata dua hari tiga malam di tiga kabupaten Kawasan Danau Toba merupakan salah satu konsep yang ditawarkan oleh Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga agar wisatawan berlibur di Danau Toba, habiskan uang di negeri sendiri.

Konsep ini ditawarkan oleh Radiapoh kepada para pelaku pariwisata khususnya kepada Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (ASITA), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), dan pelaku pariwisata lainnya.

“Saya sudah hitung-hitung itu tadi. Bisa bermodalkan 2,5juta liburan tiga hari dua malam di tiga kabupaten sekaligus,” jelasnya di hadapan para hadirin di kegiatan travel fair di Danau Toba Cottage, Senin 26 Juni 2023.

Untuk itu, katanya, tiga kabupaten Danau Toba sangat perlu berkolaborasi untuk mewujukannya. Tiga kabupaten yang dimaksud antara lain: Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba, dan Kabupaten Samosir.

BERSPONSOR

Ia mencontohkan, untuk paket tiga hari dua malam ini bisa membawa wisatawan ke Sigale-Gale di Tomok Samosir, ke desa wisata di Simalungun, dan ke Kaldera Sibisa di Toba.

Selain mengunjungi berbagai tempat-tempat menarik di tiga kabupaten berdekatan ini, para wisawatan dapat disuguhkan tari-tarian daerah di tiga kabupaten sekaligus.

“Tidak sulit sebenarnya membuat paket itu. Selain itu, bagaimana kita bisa mempertontonkan tari-tarian kita. Dari Simalungun, Samosir, dan Toba,” ujarnya memberikan gambaran tentang paket wisata tiga hari dua malam .

Pemerintah Simalungun
Suasana diskusi antara para pelaku pariwisata Simalungun dan Pemerintah Simalungun di kegiatan travel fair di Danau Toba Cottage Senin 26 Juni 2023.

Target Wisatawan Domestik
Radiapoh mengatakan sasaran utama untuk paket tiga hari dua malam tersebut adalah wisatawan domestik, terutama dari Sumatera Utara. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu lagi menghabiskan uang mereka untuk keluar negeri berlibur.

BERSPONSOR
TERKAIT  Rusia Menjalankan Langkah Baru untuk Menindak Keras Musuh Putin

“Tidak usah muluk-muluk, target pasar kita adalah dari dalam negeri, khususnya dari Sumatera Utara. Saya rasa 2,5 juta itu terjangkau. Daripada masyarakat habiskan uang berlibur di luar negeri,” terang Radiapoh di hadapan hadirin kegiatan travel fair.

Realistiskah?
Untuk menjawab apakah paket 2 hari tiga malam realistis, berikut gambaran kasar yang dapat NINNA telusuri.

Anggap menginap di salah satu hotel di Parapat. Parapat sebagai tempat untuk menginap 3 malam. Survei yang NINNA lakukan ke sejumlah hotel di Parapat, rate paling rendah ada di Hotel Toba dengan rate 250.000/kamar x 3 malam= 750.000

Hari pertama
Ke Sigale-Gale atau ke Siallagan Samosir naik kapal. Ongkos kapal 20.000/orang. Pulang-Pergi Rp.40.000/orang. Masuk ke Objek wisata Rp.10.000

- Advertisement -

Hari Kedua
Menghabiskan waktu ke Desa Wisata Harangan Girsang Paradise dengan tiket masuk Rp 10.000/orang. Setelahnya, ke Kaldera Sibisa Rp 20.000/orang.
Untuk total pengeluaran per orang seandainya 1 kamar 1 orang saja, tidak berbagi kamar.

Biaya kamar terendah 2H3M (2 hari tiga malam) Rp 750.000
Biaya tiket masuk ke objek wisata Siallagan+Desa Wisata HGP+ Kaldera Sibisa 2H3M Rp 10.000+10.000+20.000 = 40.000
Ongkos kapal pulang pergi ke Samosir Rp 40.000
Biaya makan 2H3M per porsi 7 x 50.000 (anggap biaya makan 50.000)= 350.000
———————————————-
Total 1.180.000 belum termasuk biaya transportasi dari Medan ke Parapat dan pergerakan dari Parapat ke Toba.

Gambaran kasar ini hanya mengambil acuan harga terendah yang suatu saat bisa berubah, apalagi musim puncak liburan.
Realistiskah paket wisata 2H3M ala Radiapoh Sinaga 2,5juta?

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU