Orang Utan Ditemukan Menyendiri Makan Durian

BERSPONSOR

TAPUT – Maksud hati mengumpulkan buah durian, dua warga malah menemukan seekor orang utan Tapanuli – Pongo Tapanuliensius – di hutan warga Aek Sormin Desa Desa Sitolu Oppu Kecamatan Pahae Jae Taput.

Orang utan yang diduga masih anakan itu diserahkan ke Poles Tapanuli Utara di Tarutung dan selanjutnya diserahkan ke BKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam) Sumatera Utara, Kamis (29/09/2022), untuk diselamatkan.

Informasi dari Polres Tapanuli Utara menguraikan, penemuan anak orang utan itu bermula dari dua warga setempat, Luas Sitompul dan Noel Sitompul. Mereka hendak mengumpulkan buah durian, Rabu (28/09/2022), sekira pukul 17.00 WIB.

Sesampainya di hutan, mereka melihat seekor orang utan sedang duduk sendiri memakan durian yang jatuh ke tanah. Mengira orang utan bersama kawanan atau induknya yang mungkin sedang bersembunyi, mereka membiarkannya. Sampai hari semakin gelap, sekira pukul 19.00 WIB, orang utan itu masih tetap terlihat sendiri.

BERSPONSOR

Akhirnya, kedua warga berinisiatif menyelamatkan orang utan itu. Saat didekati, orang utan itu bukannya menjauh, malah terlihat mendekat. Luas Sitompul lalu menggendongnya dan melaporkan ke kepada desa setempat, dan diserahkan ke Polres Tapanuli Utara. Oleh Polres Taput, kemudian menyerahkan kepada BKSD Seksi Wilayah IV Tarutung.

TERKAIT  Luna Maya di Samosir : So Nice, I Love It Here

Perwakilan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Propinsi Sumut Manigor Lumbantoruan menyampaikan, orang utan itu akan mereka rawat hingga layak dilepasliarkan kembali ke habitatnya. BKSDA mengapresiasi kesadaran kedua warga yang menyelamatkan satwa tersebut.

Saat dilakukan pemeriksaan, kondisinya orang utan itu dalam keadaan sehat dengan perkiraan usia sekira 11 bulan dan berat 3 kilogram.

Kordinator OIC ( Orang Utan Informasion Center ) Krisna dan Drh Ikhwan Amir mengungkapkan, diperkirakan populasi orang utan Tapanuli saat ini hanya tersisa sekira 800 individu, tersebar di kawasan di Hutan Tapanuli.

BERSPONSOR

Orang Utan Tapanuli merupakan salah satu spesies dari genus orang utan yang berasal dari daerah Tapanuli, Sumatera. Orang utan Tapanuli merupakan tambahan spesies baru sekaligus spesies ketiga yang ditemukan setelah spesies orang utan Kalimantan dan orang utan Sumatera.

Penulis   : Marulak
Editor      : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU