spot_img

Objek Wisata Aek Naoto, Sungai Kecil yang Bisa Banjir Tiba-tiba

TAPUT – Objek wisata pemandian ini punya nama yang tak lazim karena disebut sungai bodoh, atau Aek Naoto. Sungai ini agak tersembunyi,  di Desa Rura Julu Dolok, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Untuk menuju tempat ini,  kita harus melewati sejumlah desa dengan ruas jalan bekelok-kelok, persawahan, dan perladangan warga serta hutan-hutan hijau. Perjalanan dimulai dengan melewati jembatan Seminarium Sipoholon. Kemudian melintasi kawasan Desa Lobusingkam.

Dari Desa Lobusingkam, akan menemui satu jembatan dengan air yang tenang. Inilah tempat pemandian, yang disebut  Aek Naoto.

Airnya yang tenang dan bersih, dimanfaatkan pengunjung untuk berenang. Jika belum mahir, di sana juga disediakan ban-ban pelampung yang dapat disewa. Selain untuk berenang, banyak kawula muda dan keluarga yang datang sekedar bersantai.

Objek wisata aek naoto 2
Sungai Aek Naoto yang terlihat tenang ini, sewaktu-waktu dapat meluap tanpa sebab.(Foto:billy s)

Menurut penuturan pemilik lokasi objek wisata Pemandian Aek Naoto, Maju Simanungkalit (46), objek wisata pemandian Aek Naoto ini ramai dikunjungi pada hari-hari libur.

“Kalau hari libur biasanya para pengunjung ramai. Bisa mencapai
50 sampai 60 orang yang datang ke tempat ini,” ujarnya, baru-baru ini.

TERKAIT  Tekosima Spot Instagramable di Jalan Sejuta Pesona

Selain berenang dan sekedar bersantai, tempat ini juga menjadi sasaran hobbies memanciang. Sasaran utama di sungai ini bukan ikan, tapi kepiting sungai.

Mungkin banyak yang penasaran kenapa sungai itu disebut  Aek Naoto atau sungai bodoh. Ternyata, kata Maju Simanungkalit, dulunya aliran air sungai ini mau tiba-tiba banjir besar dan meluap. Padahal, tidak ada hujan ataupun banjir di hulu. Hal inilah yang menjadi dasar penyebutan sungai ini menjadi Aek Naoto sampai sekarang. Momen banjir tiba-tiba itu, memang hanya terjadi sewaktu-waktu dan tidak dapat diprediksi sebelumnya.

Lokasi objek wisata Aek Naoto dapat ditempuh dari Kota Tarutung dengan waktu tempuh sekitar 1.5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Jaraknya dari titik nol Kota Tarutung lebih kurang 20 kilometer.

NINNA.TV
Like and Subscribe »»»

Bagaimana bro dan sista ninnA, tertarik menikmati kesegaran air sungai bodoh ini? Yuk,persiapkan waktu mu ke Kota Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara. Ingat, tetap dalam protokol kesehatan ya.

 

Penulis    : Billy S
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU