spot_img

Nuansa Batak Kuno Terasa di Homestay Ruma Bolon Ini

TOBABerwisata ke kawasan Danau Toba kini tidak melulu harus menginap di hotel. Sebab di kawasan Danau Toba saat ini telah ada beberapa homestay yang siap menanti pengunjung. Beragam desain homestay menarik saat ini bisa menjadi pilihan, seperti homestay di Desa Wisata Jangga Dolok. Homestay ini konon merupakan sebuah Ruma Bolon (rumah tradisional Batak Toba) milik ahli waris Op. Marhutala Manurung.

“Ruma bolon ini merupakan hasil restorasi. Sebelumnya, ruma bolon yang sudah berusia ratusan tahun ini pernah mengalami musibah kebakaran. Pasca kebakaran, rumah bolon ini berhasil direstorasi berkat bantuan dari yayasan Tirto Utomo dan Rumah Asuh hingga pusaka leluhur itu kini bisa kembali,” tutur Sargon Doli Manurung pengelola ruma bolon Op. Marhutala kepada ninnA, Kamis (16/06/2022).

Ruma Bolon yang kini difungsikan sebagai homestay Op. Marhutala ini berada di sebuah perkampungan dengan persawahan di sekelilingnya. Di sebelah Timur perkampungan, bukit barisan dengan puncak Gunung Simanukmanuk berdiri kokoh. Menginap di Ruma Bolon ini seolah kita berada pada jaman peradaban Batak kuno. Betapa tidak, Ruma Bolon ini sama seperti rumah adat Batak Toba pada jaman dulu. Semua material bangunan terdiri dari kayu, beratapkan ijuk, dan dindingnya diukir (gorga).

Mendukung keberadaan Ruma Bolon sebagai homestay, terpisah di belakang Ruma Bolon dibangun dapur dan toilet. Toiletnya ada untuk perempuan, laki-laki bahkan untuk yang berkebutuhan khusus.

Begitu bangun pagi ketika menginap di Ruma Bolon ini, bro dan sista bisa langsung menikmati view persawahan dengan kemilau embun diterpa mentari pagi yang terbit dari balik bukit.

Di dalam homestay juga tersedia seperangkat alat musik tradisional Batak Toba. Pengunjung boleh mencoba memainkan alat musik tersebut. Untuk bisa menikmati seluruh fasilitas yang ditawarkan, bro dan sista bisa langsung menghubungi Sargon, untuk nego harga melalui WA di 081263810312.

TERKAIT  Air Terjun Mbilulu, Si Kembar yang Memesona

Ada beragam penawaran harga. Harga untuk 1 orang saja bisa bervariasi sesuai keinginan tamu. Misalnya untuk 1 orang tamu hanya menginap tentu beda dengan 1 orang tamu yang juga ingin disediakan makan dan minum. Apalagi ada tamu yang ingin jasa guide untuk berkeliling kampung dan destinasi di sekitar, Sargon akan menawarkan harga yang cukup bersahabat dengan prinsip tamu itu adalah raja.

Homestay Ruma Bolon Op Manurung1
Kesenian Gondang di Homestay Ruma Bolon Op Marhutala.(foto:asmon)

Untuk memberikan nuansa jaman dahulu saat berada di Ruma Bolon, kini di sisi kanan depan sedang dibangun sebuah sopo. Sopo ini kelak akan berfungsi sebagai tempat pertemuan maupun istirahat juga sebagai galeri hingga tempat pagelaran seni.

Ruma bolon yang difungsikan sebagai homestay ini berada di Lumban Binanga, Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba. Dari Bandara Silangit ke arah Medan, desa ini dapat ditempuh selama 90 menit perjalanan.

 

Penulis  : Asmon Pardede
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU