Netizen Ungkap Duka Mendalam via Tagar Pray for Turkey di Twitter

BERSPONSOR

NINNA.ID – Bencana gempa yang meluluhlantakkan dan menelan banyak korban di Turki, menjadi sorotan netizen, terutama di Twitter. Banyak yang mengungkap rasa duka via tagar Pray for Turkey di platform media sosial milik Elon Musk tersebut.

Sebelumnya, gempa dengan magnitudo 7,7 melanda Turki-Suriah pada Senin (6/2). Beberapa warga negara Indonesia (WNI) diketahui menjadi korban dalam bencana tersebut.

Gempa dahsyat di Turki ini disebut telah menewaskan lebih dari 3.823 orang per Selasa (7/2). Selain itu, bencana ini juga menghancurkan ribuan bangunan dan gedung.

Kerusakan yang sangat besar karena gempa tersebut memicu simpati netizen dan membuat tagar PrayForTurkey menjadi trending. Menurut pantauan CNNIndonesia.com pada Selasa (7/2) pukul 07.00 WIB, tagar PrayForTurkey telah dicuitkan sekitar 242 ribu kali.

BERSPONSOR

Tagar Pray for Turkey sudah menjadi trending topic dengan jumlah cuitan mencapai 11,5 ribu kali.

Selain ungkapan rasa duka, warganet juga banyak yang mengirimkan doa bagi warga yang terkena imbas gempa.

Sementara itu, seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Ankara Turki mengaku dalam kondisi aman saat negara yang ditinggalinya dilanda gempa magnitudo 7,8 (versi USGS).

“Alhamdulillah saya dan keluarga dalam kondisi aman. Saya dan keluarga tinggal di Ankara. Pusat gempa ada di dekat perbatasan Suriah,” ujar Farah Fuadona, seorang WNI saat dihubungi Liputan6.com, kemarin.

BERSPONSOR
TERKAIT  AP II Masuki Periode Angkutan Haji 1444 H / 2023 M, Ini Jadwal Keberangkatan Perdana Jemaah Haji dari 6 Bandara

Farah Fuadona menyebut bahwa pemberitaan media Turki terus melaporkan kondisi di lapangan.

“Terutama TRT yang merupakan TV pemerintah,” kata Farah.

“Di hari pertama gempa Turki, laporan soal pandangan mata, korban jiwa dan upaya pemberian bantuan serta penyelamatan. Kalau bantuan biasanya beberapa hari setelahnya.”

“Di sini ada AFAD, semacam Tim SAR jika di Indonesia yang merupakan tim tanggap darurat yang langsung ke lapangan.”

- Advertisement -

Gempa Turki 6 Februari 2023 dilaporkan terasa sampai ke Israel. The Times of Israel menyebut getaran dirasakan warga Tel Aviv.

Para pengguna media sosial dari Jazirah Arab juga mengaku merasakan gempa Turki, seperti netizen di Beirut (Lebanon) dan Erbil (Irak), hingga Kuwait.

Cuitan dengan tagar Pray For Turkey juga dilontarkan oleh seorang netizen yang kerabatnya sedang berada di Turki. Ia berharap kondisi kerabatnya tersebut berada dalam aman.

“#PrayForTurkey ada saudara yang sedang kuliah disana semoga aman kondisinya,” tulis @Dididiarsa.

Lebih lanjut, netizen dengan akun @badutonlinemuuu berharap tidak ada gempa susulan yang terjadi di negara tersebut.

“Kita panjatkan doa untuk saudara kita disana semoga tidak ada lagi gempa susulan #PrayForTurkey,” ujarnya.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU