spot_img

Naik DAMRI Cara Murah Berwisata ke Danau Toba

NINNA.ID – Berwisata ke Danau Toba kini sudah lebih murah dengan menggunakan jasa angkutan Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI). Rute baru DAMRI ini dilakukan untuk mendukung Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia.

Adanya transportasi ke Danau Toba ini disebutkan sebagai bentuk dukungan DAMRI bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk memperkuat jaringan transportasi darat di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“KSPN merupakan kawasan yang digaungkan pemerintah sebagai lokasi wisata unggulan atau “Bali Baru”, yang memiliki fungsi utama pengembangan pariwisata yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.” Demikian kutipan rilis resmi yang diterima Kompas, akhir Januari lalu.

Adapun rute Angkutan KSPN Danau Toba yang dilayani DAMRI berdasarkan rilis resmi itu di antaranya:

1. Pelabuhan Ajibata – Pematangsiantar, tarif yang dikenakan sebesar Rp15.000. Pemesanan tiket dapat menghubungi 0813-5268-5356.

2. Pelabuhan Ajibata – Bandara Silangit, tarif sebesar Rp15.000. Pemesanan tiket dapat menghubungi 0812-6047-4871.

3. Tarutung – Bandara Silangit, tarif sebesar Rp10.000. Pemesanan tiket dapat menghubungi 0852-7549-9087.

4. Keliling area Samosir, tarif sebesar Rp20.000. Pemesanan tiket dapat menghubungi 0853-5881-3887.

Sementara untuk jadwal keberangkatan dimulai dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Kehadiran trayek ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat, agar perjalanan wisata menuju Danau Toba menjadi lebih mudah, aman, nyaman, dan terjangkau.

TERKAIT  Peningkatan Kapasitas Pengelola Homestay di Desa Tipang

DAMRI terus berupaya dalam menjalankan operasional bus sehat, yang dibuktikan dengan seluruh pengemudi dan petugas telah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Sejak dijadikan sebagai Destinasi Super Prioritas, pembangunan dan pembenahan objek wisata di kawasan ini terlihat cukup pesat. Hampir di masing-masing kabupaten di kawasan Danau Toba saat ini memiliki destinasi unggulan.

Di Kabupaten Tapanuli Utara dengan Desa Hutaginjang, Kabupaten Humbang Hasundutan dengan Sipinsur dan Desa Wisata Tipang, Kabupaten Toba dengan Bukit Singgolom dan Adian Nalambok, Kabupaten Simalungun dengan Kota Parapat dengan wajah baru dan Kabupaten Samosir dengan Bukit Sibea-bea yang menghentak Danau Toba.

Tunggu apa lagi, segera hubungi nomor kontak di atas dan rasakan kenyamanan menikmati Danau Toba dengan jasa angkutan DAMRI.

 

Sumber   : Kompas.com
Editor       : Mahadi Sitanggang

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Berwisata ke Danau Toba Naik DAMRI, Ini Rute dan Tarifnya”, Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/01/21/212700427/berwisata-ke-danau-toba-naik-damri-ini-rute-dan-tarifnya?page=all.

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU