spot_img

Mulai 17 Agustus, Ferry Ihan Batak Berlakukan e-Ticket

NINNA.ID – Per 17 Agustus para penumpang yang hendak menyeberang ke Samosir menggunakan Kapal Ferry Ihan Batak maupun Kaldera sudah bisa memesan tiket secara online atau e-ticket. Peluncuran ini merupakan tindaklanjut atas usulan Bupati Samosir Vandiko Gultom terkait pentingnya aplikasi e-ticket untuk kapal penyeberangan beberapa minggu lalu kepada Menko Marves Luhut Panjaitan.

Informasi terkait peluncuran website ini telah dibagikan ASDP melalui kanal media sosial melalui flyer dan spanduk. Meski demikian website pembelian ticket di situs toba.ferizy.com belum dapat diakses.

“Websitenya masih dibangun. Belum bisa diakses. Nanti per 17 Agustus saat launching bisa diakses. Sistem dibangun oleh Tim IT ASDP di Kantor Pusat (Jakarta). Website ini akan mirip seperti aplikasi atau situs web Ferizy yang sudah berjalan di ASDP selama ini,” ujar General Manager Partogi Tamba kepada Ninna, Sabtu (06/08/2022).

Ia menjelaskan, Kantor Cabang ASDP mulai mensosialisasikan mengenai e-ticket ini mulai 6 Agustus. Sosialisasi masih bersifat penyebaran flyer dan spanduk. Untuk sosialisasi langsung kepada publik akan dimulai saat peluncuran.

Akan ada zonasi yang membedakan penumpang yang telah membeli ticket dan yang belum membeli ticket. Sebelum naik ke kapal, calon penumpang harus melakukan scan boarding pass di pelabuhan melalui QR code yang tersedia.

Bagi mereka yang belum tahu informasi mengenai e-ticket akan diarahkan ke lokasi khusus, di mana para pegawai ASDP akan menjelaskan tentang cara pembelian e-ticket, termasuk bagi mereka yang belum memiliki perangkat handphone memadai untuk mengakses website.

“Mereka yang sudah membeli e-ticket akan diarahkan untuk scan barcode melalui HP mereka. Bagi yang belum, nanti diarahkan juga supaya dibantu pegawai ASDP untuk pembelian e-ticketnya,” jelas Partogi.

Informasi mengenai peluncuran website e-ticket ini telah dibagikan oleh ASDP ke publik melalui sosial media. Sejumlah pihak telah menerima informasi lewat flyer yang dibagikan. Akan tetapi, belum ada pihak yang mengetahui pasti seperti apa tampilan sistemnya.

TERKAIT  300 Pesepeda Gowes di Negeri Indah Kepingan Surga

Kepala Bidang ASDP Dinas Perhubungan (Dishub) Samosir Rikardo Sidabutar mengakui belum mengetahui persis seperti apa tampilan websitenya. Pihaknya masih menunggu arahan dari Kantor Pusat dan Kantor Cabang ASDP Sibolga. Ia mengakui sebagai pelaksana di lapangan sifatnya menjalankan tugas sesuai arahan. Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Samosir Tetti Naibaho yang ikut menyebarkan informasi mengenai informasi pembelian e-ticket ini.

e-ticket
Pembelian e-ticket mulai disosialisasikan.(foto:ist)

Berdasarkan informasi yang Ninna himpun dari pegawai ASDP mulai dari General Manager Partogi Tamba, Bidang Tata Usaha Josua Siburan, dan lainnya, tampilan website e-ticket akan mirip seperti tampilan website e-ticket Ferizy yang telah dibangun oleh ASDP untuk sejumlah pelabuhan.

Alur untuk pembelian e-ticket kurang lebihnya seperti berikut ini: Buka aplikasi atau website Ferizy. Daftar atau login sesuai dengan alamat e-mail yang dimiliki. Lalu pilih jadwal keberangkatan, jenis layanan, dan jenis golongan kendaraan atau penumpang. Kemudian periksa data-data tersebut telah diisi dengan benar, kemudian klik pesan dan cari jadwal.

Isi data pemesanan dan seluruh calon penumpang sesuai kartu identitas yang dimiliki. Data yang dimasukkan penting karena berkaitan dengan hak atas asuransi. Klik lanjutkan dan konfirmasi pemesanan. Pastikan seluruh data telah diisi dengan benar dan klaim pembayaran.

Transaksi pembayaran dapat dilakukan mulai dari transfer virtual account (BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Permata atau modern channel dengan kode Finpay yang dapat dibayar melalui ATM atau mobile/internet.

 

Penulis    : Damayanti Sinaga
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU