Mudah kok! Ini Cara Bikin Foto atau Video Bokeh via Kamera HP

BERSPONSOR

NINNA.ID – Bagi penikmat foto atau video tentu tak asing jika melihat ada gambar atau cuplikan yang tampak blur atau kabur, ini yang disebut efek bokeh. Ternyata cara membuatnya gampang kok.

Foto atau video bokeh adalah teknik pengambilan gambar video atau film yang menghasilkan efek blur pada latar belakang objek utama, sehingga memberikan kesan artistik dan dramatis pada hasil akhirnya.

Efek bokeh yang dulunya cuma bisa dihasilkan oleh kamera profesional, kini bisa didapatkan pula lewat kamera HP.

Bahkan ada beberapa aplikasi pengeditan yang memungkinkan hasil bokeh untuk foto.

BERSPONSOR

Istilah lain dari bokeh adalah ‘depth of field’. Artinya, ada kedalaman visual yang ditampilkan foto dan video, berkat latar belakang blur.

Di HP keluaran beberapa tahun terakhir, efek bokeh bisa didapat ketika menjepret objek dengan mode ‘Portrait’ pada aplikasi kamera.

Poin pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin mendapatkan hasil foto atau video bokeh adalah besaran megapiksel pada kamera HP. Megapiksel adalah ukuran resolusi yang ditangkap sensor.

Makin besar resolusi, makin jernih pula hasil gambar. Dengan begitu, fokus objek di depan foto akan lebih tajam dan memungkinkan ada bokeh di belakangnya.

BERSPONSOR

Selain itu, efek bokeh juga didapatkan dari banyaknya kamera utama pada HP. BIasanya, selain mengakomodir kamera utama bermegapiksel besar, pabrikan HP juga memberikan ‘teman’ berupa kamera sekunder depth dan telefoto. Kamera yang fokus untuk menangkap depth harusnya bisa menghasilkan bokeh yang mumpuni.

TERKAIT  Ngaku Petugas LPSK, Selebgram Tyna Ratu Akhirnya Minta Maaf

Hal ketiga adalah aperture atau bukaan. Dengan aperture yang besar, maka tangkapan cahaya yang masuk akan lebih banyak pula. Dengan begitu, foto dan video bisa memberikan efek bokeh pada latar.

Selanjutnya, fitur otofokus juga sama pentingnya. Dengan begitu, pencarian fokus objek akan lebih mudah. Jangan sampai fokus objek ikut blur seperti latar jika otofokusnya tak andal.

Sensor yang besar juga punya peran penting untuk menangkap visual bokeh. Sensor yang besar juga akan menangkap cahaya yang lebih banyak untuk diproses oleh megapiksel.

- Advertisement -

Dengan begitu, selain jernih, foto juga akan memiliki kedalaman tekstur dan tingkat kecerahan yang akurat.

Demikian penjelasan soal efek bokeh dan hal-hal yang mempengaruhinya. Pabrikan HP seperti Apple, Samsung, Xiaomi, Oppo, Redmi, Realme, dkk keluaran tahun ini sudah bisa diandalkan untuk soal ini.

Cara mengambil foto dan video bokeh

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan foto dan video bokeh. Pertama, tentukan fokus objek. Apa yang ingin dijadikan objek utama dan latar belakang.

Kedua, buat jarak yang memadai antara fokus objek dan latar. Jarak ini yang akan dijadikan bokeh untuk menunjukkan kedalaman.

Ketiga, jika ingin lebih profesional, ubah setelah aperture pada mode ‘Pro’ di kamera HP. Tentukan tangkapan cahaya yang diinginkan. Jika mau praktis, cukup menggunakan mode ‘Portrait’.

Ketiga, untuk hasil fokus yang lebih mumpuni, bisa menggunakan bantuan tripod.

Demikian pengertian efek bokeh beserta hal-hal yang mempengaruhinya. Selamat mencoba!

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU