spot_img

Misteri Foto Bung Karno yang Seolah Hidup

SIMALUNGUN – Antara percaya atau tidak, berbagai keunikan yang berbau hal mistis di lokasi Pesanggrahan Bung Karno Parapat sering muncul dan menjadi perbincangan di kalangan pengunjung yang memasuki Rumah Pengasingan Sang Proklamator itu.

Selain bangunannya memang unik, terlebih terletak di bukit kecil semenanjung Kota Wisata Parapat tetap berdiri kokoh dengan panorama memukau ke Danau Toba, berbagai hal unik yang disampaikan pemandu wisata menjadi daya tarik.

Di luar gedung dengan anak tangga menuju pesanggrahan jumlahnya 17, cemara 8 batang dan Pinus 45 batang menjadi unik. Jumlah benda-benda itu sama persis pada tanggal hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain keunikan yang terdapat di luar bangunan, saat memasuki pintu rumah, pengunjung terhipnotis dengan interior bangunan baik dari warna, bahan bangunan. Lukisan dan foto foto klasik yang tersusun rapi di tiap dinding bangunan, seakan beraura mistis.

Salah satu paling menarik dan menimbulkan sejuta tanya, terkait satu foto Sang Proklamator yang terletak di atas tangga menuju lantai dua.

Foto Soekarno 2
Foto Bung Karno yang penuh mistis.(foto:ferindraha)

Banyak mengakui foto itu terlihat hidup saat diamati dari berbagai sudut.

“Foto ini merupakan peninggalan Bung Karno, dan bila diamati maka terlihat hidup dari semua dimensi sudut pandang dengan penglihatan yang sama,”ujar pemandu saat menceritakan keunikan-keunikan yang ada kepada tamu.

Adanya keunikan di foto itu kembali diakui puluhan orang rombongan pengunjung, Kamis (10/03/2022), saat melangkah memasuki Rumah Pengasingan. Seolah tak tak percaya, mereka tertegun dengan info yang disampaikan. Satu persatu tamu mencoba apa yang barusan didengar dan mengakui setelah menatap foto itu.

“Iya bang, benar. Saat kita lihat di berbagai sudut kiri kanan, atas bawah seolah foto ini menghadap kita, ini sangat luar biasa dan ajaib,” ujar salah seorang tamu yang datang dari Jakarta.

TERKAIT  Presiden Joko Widodo: Menjaga Warisan Pusaka Kain Ulos

Selain foto tersebut, beberapa fasilitas interior klasik hingga sekarang masih terawat, seperti kursi sofa dan meja makan Bung Karno.

Hal mistis lain saat pengunjung memasuki bekas kamar Bung Karno, yang dibalut dengan fasilitas klasik berupa ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan ruang sholat Bung Karno, menghadirkan keheningan bernuansa mistis.

Menurut penanggung jawab lokasi pesanggrahan, bermarga Sinaga, untuk memasuki rumah pengasingan ini tidaklah sembarangan. Selain permisi ke pengelola dan penjaga, maka saat pengunjung masuk harus berucap dalam hati untuk permisi melihat ataupun menginap.

“Kalau masuk ke dalam kamar, harus ada izin dari kita pengelola dan penjaga. Selain itu harus permisi kepada penjaga yang tidak terlihat, khusus di kamar Bung Karno. Banyak pengunjung yang juga memiliki kekuatan supranatural percaya, ada penghuni di kamar itu yang tidak terlihat,” ucap Sinaga.

Lanjut Sinaga, selama ini hanya kepada tamu negara atau VVIP yang bisa menginap di kamar No 1 itu, sedangkan pengunjung hanya bisa melihat dari luar pintu.

“Banyak tamu VVIP yang menginap di kamar Bung Karno ini melakukan semedi atau meditasi, berdoa, sholat. Paranormal yang datang percaya, rumah ini memiliki aura yang yang luar biasa,” katanya.

Pesanggrahan Soekarno merupakan bangunan Belanda yang dibangun tahun 1820. Namun oleh Belanda dijadikan tempat pengasingan tiga tokoh bangsa yaitu Soekarno, Sutan Sjahrir dan KH Agus Salim selama 2 bulan sejak 4 Januari hingga Maret 1949, setelah 12 hari diasingkan di Bukit Kubu Berastagi.

 

Penulis    : Ferindraha
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU