spot_img

Mie Aceh Daging Kerbau, Nikmat di Lidah Hangat di Tubuh

DAIRI – Ragam suku  di Indonesia yang ada di Kabupaten Dairi, membuat kuliner khas nusantara juga ada di sini. Salah satunya, mie Aceh daging kerbau. Bumbunya yang kaya rempah, membuat badan terasa hangat di Kota Kopi Sidikalang yang berhawa dingin.

Untuk anda yang ingin menikmati lezatnya kuliner ini, silahkan datang ke warung mie Aceh Chici di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Batang Beruh, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Letaknya persis di samping Kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga.

Setiap hari warung ini ramai dikunjungi pembeli. Jadi, bila anda sedang traveling ke  Kabupaten Dairi, kurang lengkap rasanya kalau belum singgah ke warung ini.

Mie racikan Rasyida, warga asal Bireuen Aceh Juempa yang sudah lama menetap di Kota Sidikalang ini, sedikit berbeda dengan mie Aceh lainnya. Lantaran campuran mie buatannya menggunakan daging kerbau sebagai campurannya. Sensasi kenyal daging kerbau membuat lidah tak henti bergoyang.

TERKAIT  Rupala, Olahan Buah Pala yang Menggoda di Gebyar Wisata Danau Toba

“Biasanya campuran mie Aceh kepiting, udang dan cumi. Tetapi saya ingin menawarkan rasa yang berbeda dengan memakai daging kerbau yang banyak dijual di pasar-pasar di Dairi,” ucap Rasyida.

Menurutnya, mie asli kuliner Aceh identik dengan rempah-rempah, antara lain kapulaga, bunga lawang, jinten, buah pala, ketumbar, cabe, bawang dan lainnya yang digiling halus sebagai bumbu. Ditambah lagi acar yang bahannya dari bawang merah dan cabai rawit mentah serta asam nipis dan garam.

“Ini akan membuat badan berkeringat dan perut terasa hangat bila memakannya. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp 13.000 saja,” ujarnya.

 

Penulis    : Fajar
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU