spot_img

Mesmerized By Ulos, Pelestarian Budaya Batak kepada Milenial

NINNA.ID – Horas, bro dan sista Ninna. Batak memiliki budaya yang sudah sangat dikenal oleh dunia, ulos salah satunya. Dulunya ulos digunakan oleh orang Batak sebagai selimut, Hande hande, pengikat kepala juga selendang.

Sayangnya, eksistensi ulos cenderung menurun di kalangan milenial. Apalagi lompatan teknologi yang tak terduga-duga, sangat memengaruhi minat milenial terhadap ulos. Melihat kondisi itu, suatu perhelatan tentang ulos yang betajuk Mesmerized by Ulos dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2021, di Toba Hall, TB Silalahi Center.

“Event ini diselenggarakan tidak lain bertujuan untuk memperkenalkan ulos sebagai warisan budaya sampai ke ujung dunia. Apalagi ulos Batak saat ini tidak sebatas digunakan simbol budaya, tapi telah menjadi produk yang fashionable,” ujar ketua pelaksana event Mesmerized by ulos, Ruth Aruan.

Dalam pelaksanaannya, para generasi muda dilibatkan sebagai aktor utama dalam menampilkan berbagai jenis fashion yang terbuat dari ulos. Dengan melibatkan milenial secara langsung, diharapkan tumbuh rasa tanggungjawab terhadap eksistensi ulos.

Perhelatan ini juga mengundang berbagai sekolah di Kabupaten Toba, dengan tujuan mengedukasi para generasi muda, agar sadar, ulos itu “hidup” di tengah masyarakat dan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

TERKAIT  Ritual Manguras Hoda (II)

Selama event berlangsung, para generasi muda berkesempatan untuk melihat produk-produk ulos seperti ulos Mangiring, ulos Sadum, Ragi Idup, Ragi Hotang, Bintang Maratur, Ragi Pakko dan masih banyak lagi.

Dengan acara seperti ini setidaknya akan lebih mudah memperkenalkan ulos kepada generasi muda, karena dilaksanakan melalui pendekatan yang modern.

Dalam acara ini juga, sanggar tari TB Silalahi Center menyempatkan untuk menampilkan tarian Batak Toba dengan tema “Sihutur Sanggul” dan “Si utte Manis”.

Tak ketinggalan, Art Shop TB Silalahi Center, dalam event itu, turut menjajakan berbagai souvernir ulos yang sangat menarik dengan harga terjangkau.

Banyak cara melestarikan ulos sebagai kekayaan budaya Batak. Tidak harus sekala besar dengan biaya besar, namun hal sederhana seperti melakukan hal besar-besaran. Cukup dengan perhelatan sederhana seperti Mesmerized By Ulos, namun esensi-nya luar biasa.

 

Penulis  : Ananda Josua Siburian
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU