spot_img

Menteri Sandiaga Tandatangani Prasasti Kampung Warna Warni

SIMALUNGUN – Kampung Warna Warni Tigarihit di Simalungun, yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, resmi menjadi Kampung Wisata dengan penandatanganan prasasti oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Kampung Tigarihit Parapat, Rabu (20/07/2022).

Selain penandatanganan prasasti, Sandiaga juga menyerahkan piagam penghargaan sebagai 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022, serta penanaman pohon secara simbolis oleh rombongan.

Sebelum peresmian, Ketua Pokdarwis Tigarihit Mike W Sinaga bersama Kadisbudpar Simalungun menyampaikan paparan dan penjelasan singkat Kampung Wisata Tigarihit kepada Menteri Sandi.

“Kampung Wisata Tigarihit dikelola oleh Lembaga Pokdarwis yang memiliki 30 homestay, Kuliner khas (Dolung-Dolung, Kacang Saok, Sasagun, Mie Gomak Andaliman) serta beberapa atraksi tarian seni budaya, dan tentunya sangat kami andalkan adalah view yang sangat indah,” ujar Mike Sinaga kepada Menteri Sandi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dalam sambutannya mengatakan, sangat mengagumi view dari Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit, sebagai daya tarik wisata.

“Saya harap kampung wisata ini dapat langsung dirasakan masyarakat Tigarihit. Jangan hanya orang datang untuk lihat-lihat dan foto-foto saja, tetapi mereka juga bisa memberikan dampak ekonomi kepada warga tentunya dengan menjaga kebersihan,” ujar Sandiaga Uno.

TERKAIT  Ajakan Lebih Friendly untuk Perubahan Pariwisata

Rangkaian acara peresmian juga ditandai dengan penyerahan bantuan wastafel portable, tong sampah kepada Pokdarwis Kampung Warna Warni Tigarihit.

Sebelumnya, Kampung Warna Warni sudah menjadi salah satu destinasi andalan di Kota Parapat. Pancaran warna warni kampung, khususnya di malam hari telah menjadi daya tarik sendiri. Pasca Pandemi Covid-19 melandai, khususnya saat libur lebaran kemarin, hampir seluruh homestay di desa full booking.

Lokasi Kampung Warna Warni ini juga sangat strategis, berada tidak jauh dari gerbang masuk Kota Parapat. Dari sini, ruang terbuka publik (RTP) yang diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa bulan lalu juga sangat mudah dijangkau.

Bisa dikatakan sangat dekat dengan pusat Kota Parapat, tamu yang menginap di Kampung Warna Warni tidak perlu khawatir dengan kebutuhan sehari-hari. Ragam kuliner dan pasar modern sangat mudah dijangkau. Selain itu, tentu saja, adanya cemilah khas dari Kota Parapat menambah pengalaman berada di Kampung Warna Warni semakin seru.

 

Penulis   : Ferindraha
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU