spot_img

HPI Simalungun - Akpar Medan Hotel School

Menjaga Warna Kampung Warna Warni Tigarihit Parapat

SIMALUNGUN – Memperkuat kerjasama dan keakraban yang baik sesama pelaku Pariwisata, HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Kabupaten Simalungun dan tim Akpar Medan Hotel School berkunjung sekaligus membantu Pokdarwis Tigarihit melakukan pengecatan Kampung Warna Warni Tigarihit Parapat, Selasa (12/07/2022).

Kunjungan sekaligus bantuan tenaga yang diberikan dalam rangka beautifikasi Kampung Wisata Wana Warni Tigarihit sebagai salah satu icon Parapat yang masuk dalam 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Ketua HPI Simalungun Marulituah Simanjuntak, yang akrab di panggil Hans saat di Tigarihit mengatakan pentingnya menjalin kerjasama sesama komunitas dan assosiasi pariwisata merupakan wujud kepedulian dan kolaborasi dalam memajukan pariwisata.

“Sesama insan pariwisata harus saling suport dan memelihara hubungan baik dan berperan dalam setiap kegiatan, melalui hal hal kecil seperti ini dapat meningkatkan kerjasama dan kekompakan dalam berbagai hal sehingga kehadiran kita dapat secara tak langsung mengedukasi masyarakat Tigarihit makna kerjasama dan keikhlasan,” ujar Hans.

Hans mengaku senang, Kampung warna warni Tigarihit Parapat masuk 50 besar ADWI 2022. Menurutnya, predikat itu memacu Pokdarwis dan warga harus bergandengan tangan memajukan Tigarihit, dan HPI Simalungun siap berkolaborasi dalam sumbangsih pikiran dan tenaga.

“Patut kita bangga, Tigarihit masuk dalam kategori penilaian 50 besar ADWI 2022, satu satunya di Kawasan Danau Toba di Kabupaten Simalungun. Jadi pokdarwis dan warga harus memberi hati, kerjasama, kolaborasi pentahelix karena ini kebanggaan bersama,” lanjutnya.

Hal Senada disampaikan Nora Silalahi dari Akademi Pariwisata Medan Hotel School (AKPAR MHS) yang turut ambil bagian mengecat beberapa sudut jalan di Kampung Tigarihit saat berkunjung, sangat terkejut dan takjub keindahan Kampung Warna Warni Tigarihit saat dipadu dengan lanskap Danau Toba.

TERKAIT  Anne Hathway dan Tokoh Berpengaruh Bahas Perempuan di Danau Toba

“Luar biasa indahnya pemandangan Danau Toba dari kampung ini, semoga anugrah terindah ini dapat dijaga oleh warga, memperkuat kerjasama tim Pokdarwis dan warga dalam memajukan Kampung Wisata ini, terutama dalam pelayanan, tata krama dan kebersihan,” tutur Nora.

Sedangkan Kabid Pengembangan Disparbud Simalungun Dian Pratiwi yang ikut mendampingi HPI Simalungun dan Akpar MHS, senang dengan kedatangan dan kontribusi spontan yang di lakukan di Tigarihit

Sekaligus Dian juga mengajak warga Tigarihit jangan hanya menonton dan mengharapkan orang luar dalam mengembangkan dan berbuat di sana.

“Ayoklah saudaraku warga Tigarihit kita mulai berbenah dari hati dan diri sendiri, lingkungan dan rumah sendiri, hilangkan ego sehingga tercipta kampung wisata Tigarihit yang layak dicontoh dan dikunjungi oleh wisatawan,” ujar Dian.

Dian juga mengatakan bahwa perhatian Pemerintah dan pihak lain sangat banyak ke Tigarihit.

“Dengan banyaknya bantuan dan perhatian kepada kampung Tigarihit maka kita harapkan warga membuka hati, karena kesempatan tidak datang dua kali, maka jalinlah kerjasama sesama warga dan pengurus Pokdarwis,” ujar Dian.

Sembari mendampingi kunjungan Ketua Pokdarwis Tigarihit Mike Sinaga mengucapkan terimakasih atas sumbangsih tenaga dan pikiran dari HPI Simalungun dan tim Akpar MHS, berharap terus terjalin kerjasama dan kolaborasi dari berbagai pihak lain kepada Pokdarwis yang dia pimpin.

 

Penulis  : Ferindraha 
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU